Pembangunan

ASISTEN I YAHYA WONORENGGO BUKA FORUM GRUP DISCUSSION DATA STRATEGIS DAN STUNTING

Mulia_Puncak Jaya Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Yahya Wonorenggo S.IP, M.Sos, Buka Forum Grup Discussion Data Strategis dan Stunting di Aula Sasanak Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya, (19/10/23).

Turut hadir Kepala BPS Tardas M. Silitonga, S.Sos, Kadin Kominfo Akbar Fitrianto, S.STP., MKP, Kepala Puskesmas drg. Miftahul Huda dan beserta peserta Forum Grup Discussion.

Dalam sambutannya mewakili Pj. Bupati Asisten I yahya mengatakan Permasalahan stunting adalah prioritas Nasional yang menjadi fokus bangsa saat ini. Angka Pervalensi Stunting di Puncak Jaya yang masih tergolong tinggi merupakan PR yang masih harus dirembuk dan diupayakan penanganannya oleh semua stakholder terkait dari pusat sampai ke daerah.

Data menyebutkan angka stunting di Indonesia mencapai 21% sedangkan untuk di daerah Papua sendiri mencapai 40%, sedangkan target kita di Puncak Jaya dengan sinergi semua pihak dapat ditekqn hingga 3% sampai akhir tahun. Untuk di tahun 2024 nanti kita semua berharap target kita turun sampai ke 14%. Sedangkan data spesifik stunting untuk Puncak Jaya masih belum punya. Ungkap yahya.

Yahya juga meminta BPS berkolaborasi dengan dinas terkait, baik Dinas Kesehatan, RSUD Mulia, DP3AKB, Dinas Kominfo, Bappeda dan PKK harus duduk bersama membahas dan merekonsiliasi data yang valid dan terbaru terkait stunting di Puncak Jaya. Termasuk data yang secara periodik pasti selalu dibutuhkan baik itu pemerintah pusat, pemerintah provinsi hingga data yang nantinya menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan di Kabupaten/kota. Maka dari itu data yang di input jangan sampai asal asalan atau cuma copy paste saja. Ungkapnya.

Dirinya menambahkan kedepannya kita akan menghadapi tantangan kemajuan industri 4.0 yang segala sesuatunya harus berbasis elektronik. Bukan lagi data yang ditulis dengan kertas dan direkap secara manual yang beresiko kesalahan dalam penulisan yang berakibat fatal dalam penyajian data. Suka tidak suka, mau tidak mau harus ditempuh guna efektifitas dan efisiensi pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Tegas yahya.

Menutup sambutannya Asisten I Yahya berharap kedepannya kegiatan seperti ini bukan hanya menjadi rutinitas dan formalitas tanpa ada hasil. Saya minta agar seluruh peserta secara serius untuk mengikuti paparan dari BPS serta hasil dari kegiatan ini adalah adanya output dokumen yang nyata terkait stunting dan data strategis sektoral lainnya. (Darlis/Prokompim)

Peserta FGD Data Statistik dan Stunting
Asisten I Sekda bersama Kepala BPS Puncak Jaya didampingi Pejabat eselon II dan III serta Admin Data Statistik
Asisten I Sekda bersama Kepala BPS Puncak Jaya didampingi Pejabat eselon II dan III

Related Articles

Back to top button