SOSIALISASI SENSUS PENDUDUK 2020, SEKDA : TINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM SENSUS PENDUDUK 2020

0

Mulia_ mewujudkan satu data kependudukan Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Puncak Jaya mengadakan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di Ruang Sasana Kawonak, Kantor Bupati Puncak Jaya (Rabu, 26/02/20).

Sensus Penduduk merupakan amanat atau agenda nasional yang pelaksanaannya berdasarkan undang – undang nomor 16 tahun 1997, UU nomor 52 tahun 2009, UU nomor 4 tahun 2013 dan Permen RI nomor 51 tahun 2009 yang dalam pelaksanaannya secara fungsional dilakukan oleh Badan Pusat Statistik selain sensus Ekonomi dan Sensus Pertanian.

Dalam laporan ketua panitia sosialisasi Sensus Penduduk 2020 menyampaikan sensus penduduk 2020 merupakan kolaborasi antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Badan Pusat Statistik (BPS) sesuai arahan Presiden Republik Indonesia.

“Secara garis besar sensus penduduk 2020 dibagi dalam dua bagian antara lain penyampaian materi sensus Penduduk 2020 dan selanjutnya penyampaian materi satu data dengan penyajian materi dari BPS Puncak Jaya. Adapun agenda hari ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Puncak Jaya ini” ucap Ketua Panitia.

Dalam laporannya Ia berharap dengan semakin baiknya pemahaman atas sosialisasi sensus penduduk 2020 kali ini  maka informasi sensus penduduk ini dapat diteruskan kepada masyarakat. “Dari akhir sosialisasi ini, kita berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat baik secara online maupun wawancara mengenai sensus penduduk 2020 di bulan juli mendatang” Harapnya.

Dihadiri oleh Plt. Sekda Tumiran, S.Sos., M.AP, Asisten II Hendrik Bilang’labi, M.KP, Kapolsek Mulia, staf Ahli Bupati Ukkas, S.Sos., M.KP, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Yakop Enumbi, S.Pak, Kepala Dinas Kominfo Massora, S.Hut., M.Si dan peserta sosialisasi dari masing -masing instansi.

Dalam sambutannya, Plt Sekda Tumiran menyampaikan sangat mendukung dan menyambut baik atas terselenggaranya sensus penduduk 2020 di Wilayah Kesatuan Republik Indonesia termasuk dilaksanakan di Kabupaten Puncak Jaya. Pelaksanaan sensus penduduk 2020 ini merupakan momen yang sangat penting untuk kita semua baik Pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah, TNI/ POLRI dan seluruh lapisan masyarakat pasti akan membutuhkan data ini, maka dari itu kita semua mendukung dan mensukseskan agenda ini” ucap Plt sekda Tumiran.

“Selama ini data di tingkat pusat maupun di tingkat daerah sangat bervariasi, data di Dinas Dukcapil dan Badan Pusat Statistik berbeda. Berbeda pula di pemerintahan dan dinas – dinas lainnya. Dengan adanya variasi data inilah sehingga dilakukan sensus penduduk 2020 untuk menyatukan data sehingga perencanaan dalam bidang apapun berdasar pada data yang sama” tambahnya.

Sensus penduduk dilakukan secara berkala setiap dalam 10 tahun, pertama kali dilakukan pada tahun 1961 setelah Indonesia Merdeka sehingga Sensus penduduk tahun 2020 ini merupakan yang ke tujuh kalinya.

“Menuju satu data kependudukan Indonesia, data dapat digunakan dalam evaluasi pembangunan dan perencanaan dalam berbagai bidang antara lain bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, ketenagakerjaan dan bidang – bidang lainnya. Dalam bidang pendidikan contohnya dari data tersebut berapa jumlah dan fasilitas sekolah yang kita butuhkan begitupun dalam bidang kesehatan berapa jumlah fasilitas yang perlu dibangun” ucap Tumiran.

Hal ini yang memungkinkan Sensus Penduduk  2020 menjadi kolaborasi antara BPS dan Dukcapil, databese yang akan digunakan adalah data Dukcapil sebagai data dasar dan akan disempurnakan berdasarkan kondisi di lapangan setelah dilaksanakan sensus penduduk 2020 di bulan juni mendatang. Mengingat sensus penduduk sangat penting, ia mengajak seluruh lapisan untuk turut ambil bagian dalam menyukseskan agenda nasional tersebut.

Kegiatan sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di buka secara Resmi oleh Plt. Sekda Tumiran, S.Sos., M.AP dengan melakukan pemukulan tifa bersama kepala Badan Pusat Statistik dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Selanjutnya, Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Narasumber dari BPS Puncak Jaya. Kegiatan Sosialisasi Sensus Penduduk di Mulai Pukul 10.00 – 14.00 WIT selesainya.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply