RETAS KETERISOLASIAN, BUPATI IBO RESMIKAN BTS DISTRIK ILU

0

ILU – Komunikasi seluler melalui HP saat ini merupakan salah satu kebutuhan primer yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari – hari, namun untuk berkomunikasi menggunakan Handphone (HP) perlu di tunjang dengan adanya sebuah BTS (Base Transceiver Station)  dari Operator Telekomunikasi. Hal ini sangat  disadari oleh Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya yang letak geografisnya berada di daerah pegunungan, Apalagi Kabupaten Puncak Jaya hanya memiliki 1 BTS jaringan Telkomsel itupun terletak di Ibu Kota Kabupaten yakni Distrik Mulia.

Dalam rangka pembangunan bidang telekomunikasi , Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya Bekerja sama dengan pihak Operator Telekomunikasi terbesar di Indonesia yakni Telkomsel untuk membangun 1 BTS (Base Transceiver Station) di Distrik Ilu yang merupakan salah satu Distrik di Kabupaten Puncak Jaya. Pembangunan 1 BTS tersebut telah di rencanakan dari Tahun 2014 dan diresmikan di awal Tahun 2015 ini.” Sejak jadi Camat di Ilu, Bapa tidak pernah janji kasi BTS, tapi sekarang Tuhan yang kirim berkat untuk dinikmati masyarakat berupa jaringan komunikasi.”jelas Ibo.

BTS Telkomsel di Distrik Ilu

BTS Telkomsel di Distrik Ilu

Sabtu (14/3) Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo meresmikan beroperasinya 1 BTS di Distrik Ilu kabupaten Puncak Jaya, Peresmian Tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Puncak Jaya Yustus Wonda, S.Sos, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, Kapolres Puncak Jaya AKBP Drs. Marselis S. Karrong, Anggota DPRD, Kepala Distrik Ilu dan Beberapa Kepala Distrik sekitar serta Pejabat Eselon II, III dan IV. Ditengah acara Bupati, menegaskan bahwa keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari peran masyarakat, TNI dan Polri di Puncak Jaya.
Dalam kesempatan yang sama diserahkan 50 unit Handphone (HP) plus pulsa 50 ribu oleh Wakil Bupati Puncak Jaya Yustus Wonda, S.Sos, M.Si Kepada Kepala Distrik Ilu, Teriti Wonda, S.IP untuk dibagi ke masyarakat dan organisasi serta gereja – gereja yang belum punya HP.

Wakil Bupati Puncak Jaya Berikan Bantuan HP kepada Masyarakat yang diterima Kepala Distrik Ilu

Wakil Bupati Puncak Jaya Berikan Bantuan HP kepada Masyarakat yang diterima Kepala Distrik Ilu

Dalam sambutannya Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo mengatakan dengan  di resmikannya BTS ini diharapkan dapat menjadi sarana kepada dan TNI-Polri yang bertugas di Distrik Ilu untuk melepas rindu dengan keluarga maupun kerabat yang berada di luar Distrik Ilu melalui komunikasi seluler.

Drs. Henok Ibo menambahkan setelah Ilu, dalam waktu dekat pemda telah berkoordinasi dengan Telkomsel Jakarta berencana membangun lagi 1 BTS di Distrik Tingginambut dan penambahan tower BTS di Distrik Mulia serta distrik terpencil di Puncak Jaya. “Pembangunan ini merupakan visi misi dari Kepemimpinan kami (Bupati Drs. Henok Ibo dan Wakil Bupati Puncak Jaya Yustus Wonda, S.Sos. M.Si dan Sekda, Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM) di samping membangun Distrik juga membangun sarana prasarana jaringan telekomunikasi.” Ungkap Ibo. Drs. Henok Ibo juga mengatakan pembangunan BTS di distrik lainnya yang akan dilakukan yaitu Distrik Yamo, Distrik Mewoluk, Yambi, Fawi, Kiyage, Torere dan Distrik Lainnya akan di Mulai di Tahun 2016. Terobosan Pembangunan lain yang akan di galakkan ialah pembangunan Kantor Distrik, Perumahan Sosial dan pembangunan sanitasi Air Bersih dan pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Distrik Ilu dan Distrik Nioga yang saat ini pembangunannya sementara berjalan dan di perkirakan selesai pada bulan desember 2015.

Selepas acara, kami menemui masyarakat yang tengah asik menelpon disertai ungkapan terima kasih kepada Bupati dan Wabup Puncak Jaya. ”Signal yang ada sangat baik, sekarang sudah bisa telepon ke rekan mahasiswa di Jayapura dan keluarga di Wamena” bangga Yemius, salah seorang mahasiswa asal Ilu. (Dok. Humas Puncak Jaya)

 

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply