Pembangunan

PJ. SEKDA BUKA BIMTEK PENGINPUTAN E-WALIDATA STATISTIK SEKTORAL, OPTIMALKAN PERAN KASUBBAG

SIARAN PERS

Pers Release No. 400.14.3/017/PKP PJ/III/2023

MULIA_(02 Maret 2023). Bertempat di Ruang Rapat Kerja Kantor Bupati Puncak dilangsungkan kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Pengimputan E-Walidata Sektoral Instansi dilingkungan Pemda Puncak Jaya. Kegiatan diikuti oleh para Kasubbag program selaku produsen data statistik sektoral di OPD. Hadir Pj. Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM didampingi Kepala Bappeda yang diwakili Sekretaris Bappeda Bertnadus T. Seleng, S.IP, M. Si dan Kadis Kominfo Akbar Fitrianto, SSTP bersama Kepala BPS Tardas M. Silitonga, S. Sos selaku Pembina Data.

Sejatinya proses ini akan bermuara pada aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dalam rangka Satu data Indonesia di kabupaten puncak jaya. Data yang terkumpul akan dikolaborasi dan disingkronisasi guna menjadi acuan pimpinan dalam pengambilan kebijakan.

Kadis Kominfo dalam laporannya menjelaskan “Kegiatan ini adalah kegiatan sebelumnya telah kita lakukan, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada produsen data bagi kasubag program di setiap OPD, hampir Sebagian besar adalah anak-anak Generasi muda puncak jaya, tentunya mempunyai kompetensi dan sangat familiar dengan TIK.” jelasnya.

Menurutnya aplikasi sistem adalah hal baru bagi OPD namun biasa digunakan secara personal. Pihaknya menyampaikan hal tersebut adalah salah satu langkah strategis guna mendukung agenda nasional Satu Data Indonesia (SDI).

Proses tahapan Data juga dijelaskan harus melalui mekanisme, melalui Norma, Standar, prosedur, dan Kriteria (NSPK) bukan kira-kira sendiri. Tahapan yang ada meliputi pengumpulan, Verifikasi dan Validasi yang ditutup oleh tahapan publikasi data setelah disahkan oleh Kepala OPD.

Penjabat Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM menyampaikan bahwa agenda ini adalah hal yang sangat luar biasa. “Mungkin pernah dilakukan beberapa kali, tapi proses ini harus terus dilakukan untuk pembinaan SDM dilingkungan Pemda Kabupaten Puncak Jaya. salah satunya untuk kasubag program yang punya peran yang sangat besar.” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa peran dan tugas pokok dari pada kasubbag program sendiri adalah bagaimana mengelola atau menyusun rencana kerja yang ada di satuan kerja masing-masing. Sehingga dalam melaksanakan perencanaan, penganggaran APBD dan pekerjaan dapat tersusun dengan baik sesuai dengan rencana kerja satu tahun yang akan direncanakan.

“Sesuai dengan hasil pertemuan hari ini segera kembali ke OPD masing-masing dan melapor ke kepala dinas. Saya sebagai kasubbag program punya tugas disitu dan fungsi tugas itu harus segera dilaksanakan. Sehingga teman-teman bisa mengetahui perencanaan yang ada di dinas satuan kerja itu, mulai melaksanakan tahun depan. Selain itu memastikan segala kebutuhan harus cukup dan layak sesuai rencana.”Jelas Pj. Sekda.

Pihaknya berharap kasubbag program pahami tugas pokok masing-masing karena dengan adanya sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) mengharuskan kasubag program punya peran dalam pembangunan.

Ibu PJ Sekda mengucapkan apresiasi kepada Dinas Kominfo dan Bappeda yang selalu update. Peran sentral di Dinas Kominfo telah didukung oleh SDM yang masih muda menjadi prospek tata kelola IT yang juga pasti baik. “Komputer dan aplikasi itu sesuatu yang tidak sulit dipelajari, karena nanti kedepannya kita tidak ketergantungan sama konsultan dan lain-lain. Mau tidak mau kasubbag program akan menjadi admin” bebernya.

Dirinya menegaskan momentum ini adalah satu kesempatan setiap kita merubah pemikiran dan mengembangkan SDM ASN. “Bahwa sebenarnya kita itu bisa, kadang kita tidak mau saja, atau tidak di beri kesempatan.” imbuh Pj. Sekda.

“Kalau satu orang tiba-tiba dia pindah atau dia berhenti kerja atau dia kemana, dia akan seenaknya dan sesuka hati dia, ini aplikasi saya yang tau dan saya yang pegang. Tapi dengan adanya integrasi di Dinas Kominfo ini sangat membantu kita, artinya bahwa misalnya kasubag program diganti tidak mempengaruhi data tetap ada di dinas kominfo. Jadi kita harus lebih semangat lagi dan waktu yang ada ini, dimanfaatkan baik-baik Tuturnya.

Pelaksanaan Bimtek berjalan lancar dan antusiasme peserta sangat tinggi khususnya saat mengakses sipd.go.id. Khusus untuk beberapa OPD yang telah memiliki database disampaikan narasumber Diskominfo yakni Habel Panggalo bersama Soleman Eybe mengungkapkan tidak perlu kesulitan untuk menginput data lagi karena database bisa dimigrasikan ke SIPD sebagai contoh Dinas Kependudukan dan Dinas Pendidikan.

Peserta Sosialisasi E-Walidata

Related Articles

Back to top button