PELAYANAN KESEHATAN TINGKAT DASAR, PUSKESMAS DAN SD INPRES MULIA SEPAKAT KERJA SAMA

0

Mulia – Disela Kegiatan Perlombaan Kebersihan dan Keindahan Kelas, SD Inpres Mulia  dan Puskesmas Mulia melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama terkait Pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah yang berlangsung di Halaman SD Inpres Mulia. Rabu (26/2)

Hadir dalam acara tersebut Ketua Komite SD Inpres Mulia Ewonggen Kokoya, S.Th, M.AP, dari Dinas Pendidikan & Kebudayaan David Warumboi, S.Pd dan Tiporius Wonda, Kepala Puskesmas Mulia Drg. Miftakhul Huda, M.Kes bersama tim Kesehatan Puskesmas Mulia.

Kepala Sekolah SD Inpres Mulia Emelya Persila Yotha, S.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa “Perlombaan ini sebenarnya bertujuan untuk mengajarkan para siswa agar selalu menjaga kebersihan kelas masing – masing dan Membuat kelas selalu tampak indah agar proses belajar mengajar bisa berjalan dengan baik.”

“Para siswa juga diajarkan agar bisa mendaur ulang barang  – barang bekas menjadi sesuatu yang tepat guna dan mempunyai nilai di dalam mata pelajaran.” tambahnya

Selain itu, Ia juga menjelaskan terkait pelayanan kesehatan, “UKS juga merupakan program ekstrakulikuler khususnya SD rujukan yang ditunjuk oleh kementerian. Karena Puskesmas merupakan mitra kerja sekolah untuk pelayanan kesehatan, sehingga saat ini kami akan menandatangani perjanjian kerja sama antara SD Inpres dan Puskesmas Mulia untuk pelayanan UKS di sekolah kami. Dan kami juga telah menyiapkan sebuah ruangan khusus untuk pelayanan UKS.”

Usai penandatangan Nota Kesepahaman antara SD Inpres Mulia dan Puskesmas Mulia terkait pelayanan kesehatan yang disaksikan langsung oleh ketua komite dan dari Dinas P&K.

Kepala Puskesmas Mulia dalam sambutannya mengatakan bahwa “Walaupun baru hari ini dilaksanakan penandatangan MOU namum pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah  di sekolah ini sudah lama berjalan. Jadi kedepannya para siswa sebelum berobat ke Puskesmas akan ditangani terlebih dahulu di UKS dan akan diberikan buku raport, buku inilah yang akan dibawah ke Puskesmas sebagai rujukan.”

“Kedepannya kita akan melaksanakan penyuluhan kepada semua siswa bagaimana cara cuci tangan dan sikat gigi yang benar. Akan juga dilaksanakan pelatihan bagi dokter umum kecil dan dokter gigi kecil bagaimana cara penanganan – penanganan dasar yang benar”

Kepala Puskesmas juga mengatakan bahwa memang peralatan kesehatan yang tersedia di ruang UKS belum seberapa tapi kedepan pihaknya akan melengkapi peralatan tersebut agar pelayanan kesehatan di sekolah bisa berjalan dengan maksimal.

“Untuk penandatangan kerja sama memang baru di sekolah ini saja, tetapi untuk pelayanan UKS telah berjalan di semua sekolah yang masuk wilayah kerja puskesmas mulia.” Jelasnya

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply