MOMEN HUT RI KE 69 BUPATI PAPARKAN PENCAPAIAN SELAMA 5 TAHUN

0

bupati memberikan bendera pada anggota paskibra ntuk di kibarkanMulia, Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo menjadi Inspektur Upacara peringatan detik – detik proklamasi yang dimulai Pukul 08.30 WIT dilapangan alun – alun kota baru Mulia, minggu (17/8), bertindak sebagai komandan Upacara Lettu Inf. Edi Siswanto, Komandan Paskibra Iptu Matius Tate, Pembawa bendera Delince Tabuni.

Sebanyak 34 pasukan pengibar Bendera yang mengibarkan bendera pada Upacara Proklamasi HUT RI ke 69 di rekrut dari SMA Negeri 1 Mulia dan dilatih selama sebulan serta telah dikukuhkan sehari sebelum Upacara berlangsung.

Upacara peringatan detik – detik proklamasi dialun – alun kota baru Mulia di hadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP,. MM, Ketua DPRD Nesco Wonda, S.Sos, para pejabat eselon II, III dan IV di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Puncak Jaya, Kapolres Puncak Jaya, dandim 1714 Puncak Jaya,TNI – Polri, tokoh masyarakat, Tokoh Gereja, Calon Pegawai Negeri Sipil yang baru saja di terima, Pegawai Negeri Sipil serta Siswa Siswi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya.

Selain Distrik Mulia yang merupakan Ibu kota dari Kabupaten Puncak Jaya yang mengadakan Upacara Detik – Detik Proklamasi, beberapa Distrik – Distrik lainnya yang termasuk dalam Kabupaten Puncak Jaya juga mengadakan Upacara Detik – Detik Proklamasi diantaranya Dsitrik Ilu, Distrik Fawi dan Distrik Tingginambut adapun bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah kepala Distrik dari Masing Masing Distrik yang semuanya berlangsung dengan aman dan lancar.

Acara di lanjutkan dengan resepsi kenegaraan di aula sasana kawonak kantor Bupati Puncak Jaya dan sore harinya dilanjutkan Upacara Penurunan dengan Kapolres Puncak Jaya sebagai Inspektur Upacara.

Yang Unik dari perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 69 ini yaitu pada sambutan Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo pada Resepsi Kenegaraan, Drs Henok Ibo memaparkan pencapain Kabupaten Puncak Jaya selama 5 Tahun terakhir yakni di bidang pemerintahan yaitu Pemekaran kampung dari 67 menjadi 302 kampung, Pemekaran Distrik dari 8 Distrik menjadi 26 Distrik, penambahan Kuota Anggota DPRD dari 25 menjadi 30 periode 2014 – 2019 hasil Pileg 2014, dan dalam waktu Dekat akan terbentuk lagi daerah Otonom Baru, Yaitu Kabupaten Yamo, dimana pembahasannya sudah berda di komisi II DPR RI.

Di Bidang Pendidikan yaitu pada tahun 2013 di bangunnya 6 RKB, gedung Kantor SMK Pertanian Unggulan serta dan di tahun 2014 ini di bangun Green House dan Ruang Praktek, Rumah Guru sebanyak 4 Unit selain itu juga di bangunnya 3 RKB dan 4 Unit rumah guru pada SMA Negeri 1 Mulia.

Pada SMP Negeri 1 Mulia di Tahun 2013 telah di bangun 3 RKB dan gedung laboratorium, dan ditahun 2014 juga dibangun 3 RKB SD Inpres Alukme Di Distrik Ilu, 3 RKB SD Inpres Pruleme Mulia dan 3 RKB SD Inpres Wandenggobak.

Berikut daftar sekolah – sekolah yang ada di Puncak Jaya

-        Terdapat 2 SMA, Yaitu di Ilu dan di Mulia

-        SMK ada 2 yaitu di Nioga dan SMK pertanian DI Mulia

-        SMP ada 3 yaitu di Mulia, Ilu dan di Fawi

-        DIII keperawatan di Mulia

Selain itu Pemda Puncak Jaya juga bekerja sama dengan  Uncen Jayapura untuk program studi PGSD yang sudah memasuki tahun kedua dengan jumlah mahasiswa 120 orang, dimana Kepala Dinas DIKPORA juga ikut serta dalam program tersebut.

Di Bidang kesehatan di tahun 2014 ini  sedang dibangun perumahan Dokter sebanyak 2 Unit, 1 Unit rumah kopel para medis di Mulia, dan di Distrik Ilu di bangunnya 1 unit gudang peralatan kesehatan.

Di bidang Pekerjaan Umum yaitu sementara di bangun 1 PLTMH di Wuyuneri dan diperkirakan bulan oktober sudah dapat disalurkan ke masyarakat sehingga total PLTMH yang ada di Mulia sebanyak 7 PLTMH.

Selain pembangunan PLTMH Pemerintah Puncak Jaya juga membangun jalan yang menghubungkan Wuyuneri dengan Pruleme dengan jarak 1,6km, pembangunan jalan dari Irimulu – merah putih sepanjang 5 km dan juga beberapa pembangunan dan peningkatan jalan serta saluran drainase,  disamping pembangunan jalan dan drainase di dalam kota Mulia dan Distrik – Distrik lainnya, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya juga membangun perumahan masyarakat dengan type 56 m2 sebanyak 50 Uni di Tingginambut, Yiginikime, Pruleme, Kulirk, Gurage, Yamo, Nioga, Wonwi dan kalome, dan juga penambahyan Kantor Distrik Ilu untuk persiapan Kantor Bupati Yamo.

Dikantor KODIIM 1714 dan POLRES Puncak Jaya juga di bangun penambahan kantor dan rehab, dan juga di Distrik Ilu di bangunnya Los Pasar dan Kios – Kios pada tahun 2013.

Dalam sambutan Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo juga menugaskan 30 anggota SATPOL-PP untuk membangun Pos jaga di komplek pendidikan yang berada di Wuyuneri di dalam komplek pendidikan ini terdapat SMK Pertanian Unggulan, SMA Negeri 1 Mulia dan SD Inpres Wuyuneri serta perumahan guru.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply