MASYARAKAT PUNCAK JAYA KELUHKAN PELAYANAN TELKOMSEL

0
Tower /BTS Telkomsel Mulia

Tower /BTS Telkomsel Mulia

Mulia – (17/6) Kabupaten puncak jaya adalah salah satu kabupaten yang diberikan fasilitas 3G atau data akses tercepat akan tetapi Jaringan di Mulia masih selalu menemui kendala, yakni telepon yang menggunakan jaringan 3G sering kesulitan dalam menelepon ataupun  mengirim dan menerima pesan singkat (sms )

Distrik Mulia yang merupakan Ibu kota dari Kabupaten Puncak jaya sudah memiliki dua jaringan, yaitu jaringan 2G dan 3G dengan sebuah bts.

Beberapa saat yang lalu dari pihak Telkomsel sendiri telah menambahkan kapasitas/kuota akan tetapi belum cukup dan belum ter-handle, Saat tersebut diungkapkan oleh salah satu Teknisi dari SubTelkomsel sendiri Pak Ari pratomo seputar kendala tersebut, menurutnya bahwa di puncak jaya ini belum dilakukannya Drive test yaitu untuk performa pada jaringan 3G sendiri.

Ari juga menambahkan Untuk kapasitas bandwich dari jaringan 3G sendiri telah dikasih oleh pihak telkomsel sekitar 2 MB tetapi dari kapasitas bandwith 2 MB tersebut ternyata masih kurang untuk traffic atau pengguna Jaringan 3G semakin banyak sedangkan standar Bandwit untuk jaringan 3G wilayah perkotaan yakni 40 Mb s/d 45 Mb untuk itu dalam waktu dekat akan dilakukan Drive Test untuk mengetahui performa-performa jaringan tersebut.

Tujuan dari Pihak Telkomsel khusunya teknisi-teknisi yang datang di kabupaten puncak jaya sendiri yaitu untuk melakukan penambahan kapasitas penelpon 2G dari 40 orang sampai 80 orang akan tetapi untuk penambahan kapasitas penelpon 3G masih On-Going.

Menurut Ari kabupaten – kabupaten yang ada fasilitas jaringan 3G hanya di Kabupaten Puncak Jaya dan di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Puncak Jaya sendiri mempunyai 1 buah Tower/BTS dengan jumlah pengguna Handphone yang semakin hari semakin bertambah sehingga 1 buah BTS tersebut tidak mampu lagi menampung.

Saat disinggung soal penambahan Tower/BTS menurut Ari Untuk penambahan Tower/BTS masih membutuhkan proses dan dibutuhkan pengecekan dari pihak telkomsel terkait proses pembangunan tower/BTS .

Beberapa waktu lalu Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP, MM telah meresmikan Pemasangan atau Instalasi Kabel Optik ke Papua, akan tetapi kabel optik laut belum bisa untuk seluruh Papua hanya di Jayapura Kota dikarenakan Kapasitas yang masih Standar. Maka dari itu dari pihak telkomsel akan terus menambah kapasitas bandwith.

Kondisi dan area di Kabupaten Puncak Jaya sendiri sangat mempengaruhi kualitas sinyal dalam menerima data dan telepon. Menurut Teknisi SubTelkomsel pak Ari pratomo bahwa menurutnya di kabupaten puncak jaya ini setidaknya harus dibangun satu BTS lagi untuk sektor kotalama.

Menurut salah satu masyarakat saat ditemui wartawan seputar masuknya 3G di kabupaten puncak jaya ini mengatakan “Semenjak adanya atau masuknya 3G di kota mulia, menelpon menggunakan Jaringan 3G sangat susah itupun di sekitar kota mulia apalagi diluar kota mulia, ujarnya.

Masyarakat berharap kedepannya untuk pihak telkomsel sendiri adalah menambah tower atau BTS untuk melancarkan komunikasi masyarakat di Puncak Jaya.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply