LMA DI HARAPKAN BISA MENDUKUNG PEMERINTAH DALAM PEMBANGUNAN

0

MULIA – Adat istiadat suatu daerah sangatlah penting sehingga melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kabupaten Puncak Jaya mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Puncak Jaya tahun 2015, Selasa (14/7).

Kegiatan Bimbingan Teknis tersebut di ikuti oleh Kepala Distrik, Kepala Kampung dan badan musyawarah kampung lainnya.Kegiatan Bimtek yang berlangsung selama dua hari ini di buka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Puncak Jaya Matius Kiwo, SE, MM

Acara pembukaan Bimbingan Teknis ini dihadiri oleh Sekjen LMA Propinsi Papua sekaligus sebagai narasumber dalam acara Bimbingan Teknis, Wakapolres Puncak Jaya Kompol Yohanis Hadut, Kasdim 1714/PJ, Danki Satgas Brimob Kabupaten Puncak Jaya, Pejabat Eselon II, II, dan IV dan peserta Bimtek.

Dalam Laporan Ketua Panitia bahwa Anggaran yang digunakan dalam kegiatan Bimbingan Teknis ini berasal dari DPA BPMK tahun 2015. Tujuan dari pada kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman para tokoh adat tentang Lembaga Masyarakat Adat serta kerjasama antara Pemerintah dan lembaga Masyarakat Adat untuk bahu membahu membangun Puncak Jaya.

Dalam sambutan Bupati Puncak Jaya yang dibacakan oleh staf ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Matius Kiwo, SE,MM bahwa Bimbingan Teknis LMA ini merupakan wujud nyata dalam mendorong, mendukung pemerintahan dan pembangunan masyarakat adat namun dalam tatanan adat kurang mendapat perhatian dan dukungan.

“Adat di Papua juga masih menjadi maslah dalam pelaksanaan undang – undang otonomi khusus di Provinsi Papua dan sangat perlu diakui bahwa orang asli papua masih dapat di atur melalui unsur Adat dan Agama, dan tanpa melibatkan unsur adat dan agama maka pemerintah sulit untuk menjalankan roda pembangunan.”Ungkap Bupati Henok Ibo dalam sambutan yang dibacakan oleh Matius Kiwo, SE,MM.

Sehingga Bupati Henok Ibo berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti Bimtek dengan baik sehingga dapat mengetahui peran pemerintah dalam pembinaan perlindungan terhadap masyarakat adat dan lembaga adat dalam menunjang pemerintah dalam pembangunan.Harap Henok Ibo.

Sementara itu Sekjen LMA provinsi Papua menmbahkan bahwa kehadirannya di Puncak Jaya di undang langsung oleh Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo dalam pertemuan bersama Sekjen LMA dan beberapa Bupati lainnya untuk bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat Puncak Jaya tentang fungsi dari lembaga masyarakat adat.

Kapasitas LMA sangat mendapat perhatian dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sehingga di harapkan LMA juga bisa mendapat perhatian dari Bupati sebagai pembina utama dan Kapolres serta Dandim sebagai pembina beserta unsur keamanan lain yang bertugas di Kabupaten Puncak Jaya.Jelas Sekjen LMA Propinsi Papua.                                                                                                                                  

 

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply