LANTIK TIM PENGGERAK PKK, BUPATI YUNI : ANGKAT HARKAT DAN MARTABAT MAMA-MAMA PAPUA

0

Mulia - Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Distrik se – Kabupaten Puncak Jaya serta dirangkaian dengan Pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK yang berlangsung hikmat dan meriah. bertempat di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya pada Kamis (5/3).

Kesejahteraan keluarga menjadi Tujuan utama PKK hal ini di karenakan keluarga merupakan unit terkecil Masyarakat yang berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. Untuk terlaksananya tugas dan fungsi penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya, maka perlu membentuk Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya Masa Bhakti 2017-2022.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda S.Sos, S.IP, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya Ny. Ursula W. Wonda, S.KM, M.Kes, Ketua DPRD Puncak Jaya Zakaria Telenggen, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Agus Sunaryo, Kapolres PJ AKBP. Drs. Mikael Suradel, MM, Plt. Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP, Ketua DWP Puncak Jaya Ny. Manikem Tumiran, S.Sos, M.AP, Sekretaris TP-PKK Provinsi Papua Merri Letsoin, Korwil Mepago Martina Ehaa dan Pejabat Eselon II dan III, Para Kepala Distrik serta Masyarakat yang turut memeriahkan.

Adapun Pengurus Utama Tim Penggerak PKK se – Kabupaten Puncak Jaya yang dilantik sebanyak 97 orang dan Ketua TP-PKK Distrik sebanyak 27 orang.

Sementara itu Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda S.Sos, S.IP, MM mengatakan Pelantikan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya ini berdasarkan SK Bupati Puncak Jaya No. 188.45/KPDS/2020 “Perlu diketahui bahwa Ketua Tim Penggerak PKK telah dilantik oleh Ketua Tim Penggerak Provinsi Papua setelah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya periode 2017-2022 pada tanggal 7 Desember 2017 lalu, Sedangkan Wakil Ketua serta pengurus lainnya hingga tingkat distrik belum dilaksanakan hingga hari ini, dan dari laporan tim penggerak PKK berdasarakan Anggaran Dasar Rumah Tangga maka pengurus TP-PKK telah memilih pengurus yang baru mulai dari tingkat Kabupaten sampai tingkat Distrik telah dipilih dan itulah yang dilantik pada hari ini” ungkapnya.

Bupati Puncak Jaya juga menambahkan PKK adalah salah satu organisasi kaum wanita sebagai wadah untuk membina Ibu Rumah Tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga “Gerakan PKK adalah gerakan nasional yang umum dari bawah untuk mewujudkan keluarga bahagia lahir dan batin, untuk keberadaan PKK Kabupaten Puncak Jaya sangat penting dan strategis karna langsung menyentuh kehidupan keluarga dimana keluarga adalah organisasi kecil dalam masyarakat” tambah Yuni.

“Disamping sebagai ibu rumah tangga juga merupakan ujung tombak keluarga serta kondisi dan tantangan yang dihadapi, namun apapun alasannya kondisi seperti itu harus diubah menjadi dan dibawa keluar dari lingkungan dan budaya yang merugikan. Sepanjang tantangan dan kondisi tersebut tidak dirubah maka mama-mama akan terus tertindas oleh pelaku budaya dan adat istiadat yang berlaku yang akibatnya berdampak pada kualitas keluarga rumah tangga. Untuk menyikapi hal tersebut maka PKK ini harus terus didorong dan didukung sebagai mitra kerja dan menjadi ujung tombak Pemerintah Daerah”.

Selain itu Bupati Yuni juga menegaskan kembali tentang UU Otsus Papua Nomor 21 Tahun 2001 bahwa di dalam UU yang tertera ada tiga hal penting yang harus diisi yaitu Perlindungan kepada OAP, Pemberdayaan kepada OAP dan Keberpihakan kepada OAP “Ini adalah isi roh daripada Otsus Papua salah satunya adalah saat ini kami mengangkat harkat dan martabat, kami disederajatkan di permukaan bumi ini, tidak boleh membedakan suku, ras dan agama serta dengan adanya kesempatan ini didalam kepemimpinan saya harkat dan martabat ini kita angkat. Dan saya berharap ibu-ibu yang telah dilantik ini harus bangga dan memiliki tanggung jawab di diri sendiri” tegas Bupati.

Ditemui setelah acara pelantikan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya Ny. Ursula W. Wonda, SKM, M.Kes mengatakan bahwa setelah pelantikan ini, kedepannya akan disusun program kerja yang bersinergi dengan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya “Setelah pelantikan hari ini kami akan rapat bersama pengurus baru yang telah dilantik untuk membahas program kerja yang akan dilaksanakan kedepan dan PKK akan terus mendukung program yang dijalankan oleh Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya sehingga kedepannya sinergitas PKK dan Pemerintah Daerah sebagai Mitra Kerja akan sama. Saya juga berpesan selaku Ketua PKK kepada pengurus baru yang telah dilantik bahwa kedepannya tetap selalu bekerja sama dan turut hadir dalam rapat atau pertemuan untuk menyusun program kerja kedepan”. Singkat Ny. Ursula.

Ketua TP-PKK Puncak Jaya saat melantik Ketua PKK Distrik

Ketua TP-PKK Puncak Jaya saat melantik Ketua PKK Distrik

Perlu diketahui bahwa setelah pelantikan pengurus Utama Tim Penggerak PKK dan Ketua TP-PKK Distrik dilanjutkan dengan pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya selama dua hari.

Bupati Puncak Jaya saat membuka Pelatihan Sistem Informasi Manajemen

Bupati Puncak Jaya saat membuka Pelatihan Sistem Informasi Manajemen

Share.

About Author

Leave A Reply