LANTIK PEJABAT, BUPATI TUNTUT CIPTAKAN HAL BARU

0

Mulia,- Dalam rangka penyegaran pelayanan publik Bupati melantik Pejabat Eselon II, III dan IV di Aula Sasana Kawonak, Jumat (6/2). Hadir dalam acara tersebut  Wakil Bupati Puncak Jaya, Yustus Wonda, S.Sos, M.Si, Wakil Ketua I  Yepianus Wonda, Sekda  Yuni Wonda, S.Sos, SIP, MM dan Muspida. Dalam sambutannya Bupati Henok Ibo menjelaskan bahwa “pergantian jabatan dalam organisasi adalah hal biasa, bisa terjadi kapan saja karena pada dasarnya jabatan adalah amanah yang diberikan pemerintah” tutur Henok.

Pejabat yang dilantik berjumlah 36 orang yang terdiri dari Pejabat eselon II sebanyak 3 Orang, Pejabat Eselon III sebanyak 11 Orang dan Pejabat Eselon IV sebanyak 22 Orang. Adapun pejabat yang diganti Staf ahli bidang Kemasyarakatan, Yan Seleng telah pensiun sedangkan pejabat lainnya dilakukan untuk penyegaran bagi PNS dan kepentingan organisasi Pemda. Bupati berharap acara ini bukan dianggap sebagai acara seremonial belaka, namun mengandung tanggung jawab yang besar bukan hanya kepada pemerintah tetapi juga tanggung jawab kepada Tuhan YME.

Selama kurun waktu dua tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, telah melakukan evaluasi ternyata masih ada pejabat yang tidak memegang teguh amanah yang diberikan  bahkan meninggalkan tempat tugas dalam waktu yang  lama. Kedepan akan dilakukan pergantian kepala distrik yang didasari masih ada kepala distrik yang selama dilantik jarang berada di tempat tugas. “Masih banyak anak – anak daerah yang mampu dan memiliki  loyalitas yang tinggi, Kami (Wakil Bupati dan Sekda) tidak main-main lagi dalam sisa kepemimpinan kami, harus membuat hal – hal baru dalam tugasnya” tegas Bupati. Adapun pejabat lain yang diwanti-wanti akan diganti mendapat lampu kuning sampai dua minggu kedepan untuk melakukan perbaikan dan evaluasi kinerjanya.

Bupati juga menginstruksikan kepada staf Pemda Puncak Jaya yang masih belum berada di luar tempat kerja dapat kembali bertugas di Puncak Jaya , jika dalam waktu tiga bulan gaji yang bersangkutan akan disetror ke Kas daerah. Selain itu bupati menegaskan bahwa kondisi keamanan di Puncak Jaya sudah aman dan mengimbau seluruh SKPD dan mengajak semua elemen untuk membangun Puncak Jaya  lebih baik.

Ditemui seusai pelantikan, Sekretaris Daerah Kabupaten Puncak Jaya selakuk Ketua Baperjakat, Yuni Wonda, S.Sos, SIP, MM menuturkan “Pejabat yang dilantik bukanlah faktor suka atau tidak suka dari pimpinan namun merupakan realitas, ada yang dipromosikan karena prestasi (reward) ada juga yang  dinonjobkan (punishment) karena tidak bekerja dengan baik ”.  Diharapkan pejabat yang dilantik mampu ciptakan hal – hal baru bagi kemajuan pelayanan publik. Terbukti ada beberapa pejabat yang dinilai tidak jujur dalam kinerja dinonjobkan bahkan ada yang dilempar ke distrik.

Diakhir sambutannya Bupati memekik motto masyarakat Puncak Jaya “Yabuu” dan di balas “eeruwok” oleh hadirin yang hadir yang berarti “ Bersama – sama membangun dengan penuh kasih”.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply