HARI PERTAMA PELAKSANAAN UN SMA/SMK

0

Mulia – Pelaksanaan Ujian Nasioanl (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia khususnya di Puncak Jaya berlangsung Aman.
Ujian Nasional yang diikuti oleh Siswa/i SMAN 1 Mulia dengan jumlah peserta sebanyak 102 siswa/i dengan dua program yakni program IPA dengan jumlah 38 siswa dan IPS sebanyak 64 siswa, akan dilakukan selama 3 hari bersamaan dengan ujian paket C dari tanggal 13-15 April 2015, berlangsung digedung SMAN 1 Mulia, Senin (13/04) lalu.
Kepala Sekolah SMAN 1 Mulia, Aletius Tabuni mengatakan “ Saya sangat berterima kasih kepada  Pemda, dan sangat mengucap syukur  dimana pada tahun yang lalu belum bisa melaksanakan ujian digedung  yang saat ini sedang dipakai untuk Ujian Nasional (UN)” Ungkapnya.
Ditanya lebih jauh terkait keamanan, Aletius juga menyampaikan banyak berterima kasih kepada pihak keamanan karena sampai dengan saat ini dimana hari pertama ujian nasional yang berjalan  dengan baik.
Selain itu, tahun 2015 ini TIM pemantau dari Independen  Universitas Cenderawasih (UNCEN) sebanyak Dua orang yang dimana satu orang Pemantau  ditempatkan pada SMAN Ilu dan  SMA N 1 Mulia yaitu Ibu Nova serta Pemantau dari LPMP Provinsi adalah Bpk. Elisa Aspes  dan juga  Pemantau dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua  yaitu Bpk. Sadrak Jitmau.
Dalam wawancara singkat dengan 3 Pendamping, Sadrak Jitmau mengatakan “ Penyelengaraan Ujian Nasional (UN) di Mulia berlangsung Aman dan Antusisas khususnya di SMAN 1 Mulia dari Pihak Keamanan maupun Masyarakat semua mendukung lancarnya ujian tersebut ”ungkap Jitmau.
Disamping itu Nilai Standar Kelulusan UN sendiri adalah 6,0, Saat ditanya selaku Pemantau dari UNCEN sekaligus sebagai Dosen IPA Ibu Nova mengatakan “Nilai Rata-Rata Standar Kelulusan adalah 60 ke atas dan kedepannya untuk lebih dipertegas dan betul-betul menyeleksi nilai rata-rata siswa agar dari Pihak UNCEN dapat menerima hasil nilai yang baik “ Tuturnya.

Dari keterangan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMKN Kepada Elisa bahwa Hari Pertama UN ini seorang siswa tidak hadir mengikuti ujian, alasannya karena pulang kampung, namun akan diberikan ujian susulan.
Elisa juga menegaskan bahwa harus ada dukungan dari orangtua sehingga siswa dapat menatap masa depan yang baik “ Saya berharap kedepannya harus ada dukungan orang tua karena itu sangat penting, dilihat orang tua kadang-kadang hanya menyerahkan itu kepada sekolah dan kondisi inilah yang kurang tepat untuk itu ”ungkapnya.
Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Elisa kepada semua instansi yang ada di Puncak Jaya, baik dari Pemda, Dinas, Panitia dan Pihak Keamanan yang sudah mempersiapkan kondisi yang aman sehingga pelaksanaan ujian ini bisa berjalan dengan baik.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply