Event pesta budaya Papua XI yang di ikuti kontingan dari Kabupaten Puncak Jaya

0

Jayapura 24 Agustus 2013, Halaman Kantor Dinas – dinas Otonom di Kota Raja Jayapura merupakan tempat dimana diadakannya event Pesta Budaya Papua XI tahun 2013, pembukaan Pesta budaya Papua XI yang di Buka secara resmi oleh asisten satu Bidang Pemerintahan Drs. Elieser Renmaur yang juga merupakan Mantan Bupati Kabupaten Puncak Jaya, terdapat tujuh kabupaten dan beberapa instansi Pemerintahan dan kodam cenderawasih dan juga beberapa perusahan swasta serta beberapa organisasi masyarkat yang ikut memeriahkan event Pesta Budaya Papua XI 2013 yang berlangsung dari tanggal 21 s/d 23 agustus 2013 di halaman kantor dinas otonom.

“Kabupaten Puncak Jaya adalah salah satu Kabupaten yang turut memeriahkan Pesta Budaya Papua XI di Jayapura, ada beberapa budaya yang di tampilkan oleh Kontingen dari Kabupaten Puncak Jaya di antaranya Tari Tradisional Misipi, Cerita Rakyat, Musik Tradisional namun paling menarik pengunjung ialah Cerita Rakyat.

Cerita yang diangkat adalah Cerita umum yang sering terjadi di Kabupaten Puncak Jaya yaitu cerita tentang perang suku akibat salah satu anak gadis dari satu suku di bawa lari oleh laki-laki dari suku lain, di sisi lain pada stand Kabupaten Puncak Jaya memamerkan alat – alat dan aksesoris tradisional seperti koteka kampak batu, gelang dari rotan, Noken dll, dan juga beberapa obat – obatan serta patung – patung hasil dari kesenian mengukir ada yang menarik disini yaitu salah satu Peserta Tadius Waker mempraktekan langsung cara mengukir Patung didepan para pengunjugn, dia merupakan salah satu pengukir yang ikut bersama kontingen Pesta Budaya dari Puncak Jaya.

Ada beberapa sanggar seni yang menawarkan agar dia masuk dalam salah satu sanggar seni yang berada di Kota Jayapura namun dia lebih memilih untuk kembali ke Puncak Jaya dan juga yang paling banyak di minati pengunjung ialah gambar atau foto – foto Bupati Kabupaten Puncak jaya dari yang pertama hingga yang sekarang ini serta kegiatan – kegiatan di Kabupaten Puncak Jaya.

Selama ini sebagian masyarakat kota Jayapura mengira lambatnya pembangunan di Kabupaten Puncak Jaya namun melalui foto-foto yang di pamerkan ini telah merubah pandangan mereka terhadap Kabupaten Puncak Jaya.

Sebelum berakhir event Pesta Budaya Papua XI, diselenggarakannya acara bakar batu yang di ikuti 4 Kabupaten yakni Kabupaten Deiyai, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Paniai dan Kabupaten Puncak Jaya”” (humas)

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply