BUKA ACARA DONOR DARAH DAN SCREENING HIV (FDP), SEKDA PUNCAK JAYA TEKANKAN PENDEKATAN KEAGAMAAN CEGAH HIV

0

Mulia – Belum lama ini bertempat di Lapangan Alun – Alun Penampakan Roh Kudus Kota Baru Mulia, Sabtu (13/6) Forum Dokter Puncak Jaya (FDP) megadakan kegiatan Donor Darah, Pengobatan Massal dan Screening Hiv dengan mengusung tema “Setetes Darah Merangkul Kesehatan Papua” , yang dihadiri oleh Sekda Puncak Jaya Yuni Wonda, S,Sos, S.IP, MM, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Bayu Sudarmanto, Wakapolres Puncak Jaya Kompol Hadut, Kepala Dinas Kesehatan Buttinggen Telenggen, Direktur RSUD dr. Bearly, Ketua Forum Dokter dr. Nasir Ruki, Kepala Bank Papua Cabang Mulia Imran SE dan Masyarakat Kabupaten Puncak Jaya.

 Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut mengundang perhatian masyarakat karena menyajikan pelayanan kesehatan yang beragam dari berbagai poli dan tersebar di stand – stand yang menarik.

 “Permasalahan yang juga dihadapi oleh fasilitas kesehatan di Kabupaten Puncak Jaya adalah belum adanya fasilitas UDD (Unit Donor Darah) yang mumpuni untuk mengatasi kebutuhan darah, sementara tenaga medis dan paramedis dihadapkan pada banyak kasus/pasien yang sangat membutuhkan donor darah. Mengingat betapa pentingnya bank darah, FDP pada kegiatan ini ingin membangkitkan kesadaran kita bersama bahwa darah kita juga dibutuhkan oleh orang lain dan darah kita mampu menyelamatkan satu nyawa bahkan lebih. Untuk itu, kami FDP mengajak PMI dan pihak terkait untuk bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan sarana UDD (Unit Donor Darah) agar dapat mengoptimalkan pelayanan kesehatan di Kab. Puncak Jaya, dimulai dengan mendukung acara Donor Darah Massal ini.” ujar dr. Nursandi Margodita pada saat memberikan laporan panitia selaku Ketua Panitia.

Ketua FDP (Forum Dokter Puncak Jaya) Muh. Nasir Ruki, S.Si, M.Kes, Apt, Sp. GK mengatakan sosial yang ada pada masyarakat dengan tujuan membantu pemerintah dan instansi terkait dalam hal memajukan kesejahtraan masyarakat indonesia khususnya di Kabupaten Puncak Jaya. “ Forum Dokter mengucapkan terima kasih dan rasa hormat yang mendalam kepada Bupati beserta jajarannya yang telah memberikan dukungan moril dan materil. Kami pada profesi kesehatan ini yang bertugas di Puncak Jaya akan bersatu padu bergandeng tangan untuk memberikan pelayanan “ ungkap dr. Nasir saat memberikan sambutan.

Sebagai Acara Donor Darah yang pertama kali di Puncak Jaya ini tidak terlepas dari program nasional yaitu 2020 indonesia sehat, acara yang dilakukan oleh forum dokter bukan hanya untuk kita pejabat sipil, TNI, POLRI dan masyarakat tertentu , kesehatan merupakan yang hal terpenting yang wajib kita jaga dalam kehidupan sehari-hari, dia tidak mengenal usia, tua muda bahkan juga jabatan apa saja akan tetapi penyakit akan datang dari mana, melalui apa kami tidak tahu, yang tahu hanya tuhan oleh karena itu kegiatan donor darah dan pemeriksaan HIV merukan kegiatan yang wajib kita harus ikuti, forum yang dibentuk ini merupakan forum yang penting perlu merekrut untuk membarantas penyakit ini tetapi keterlibatan dari pihak gereja, lembaga masyarkat, pemuda, tokoh perempuan dan seluruh elemen yang ada, kegiatan sosialisasi ini lewat tampat-tempat ibadah atau dimana saja wajib memeriksa bahkan juga menghindari penyakit yang berbahaya jangan sampai penyakit ini mematikan untuk seluruh masyarakat puncak jaya, pemerintah puncak jaya melalui dinas kesehatan untuk memberantas seluruh penyakit di kesehatan sangat proaktif untuk membantu dan mendukung, kami mengharapkan juga kepada dokter spesyalis, dokter umum dan dokter gigi semua harus bersatu dan berkomunikasi dengan baik dalam memberikan sambutannya Yuni Wonda, S,Sos, S.IP, MM.

 

Sangat merasa terkesan dengan adanya kegiatan donor darah ini karna penyakit tidak megenal siapa saja tua, muda dan siapa saja bila kita tidak menjaga kesehatan penyakit itu bisa dari mana saja baik lewat makanan, lingkungan dan tindakan itu semua ada penyakit oleh karna itu melaluai donor darah merupakan kegiatan yang penting, sehingga jika ada masyarakat di puncak jaya ada yang sakit dan kekurangan darah lewat hasil donor darah ini bisa langsung meyumbangkan darahnya kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga dia dapat pertolongan pertama ungkap Yuni Wonda, S, Sos, S. IP,MM saat memberikan kesan setelah ikut mendonorkan darahnya.

 

Nelson Wonda, ST selaku ketua Palang Merah Puncak Jaya juga mengatakan kegiatan ini di hadiri kurang lebih 500 orang kemudian saat ditanyai megenai target kantong darah ia megatakan target kami banyak tetapi kami meyesuaikan dengan kemampuan kantong kami untuk saat ini kantong yang tersedia hanya 50 dan yang terkumpul sudah 100%, kedepan akan di adakan juga kegiatan donor darah ini lagi pada saat ulang tahun PMI pada bulan September.

 

Selaku ketua panitia dr. Nursandi Margodita merasa sangat terkesan acara sudah berjalan dengan lancar sesuai plenig dan masyarakat sangat antusias dengan kegiatan Donor Darah, Pengobatan Massal dan Screening HIV ditambah dengan adanya panggung hibura kesenian dan bazar jajanan nusantara adapun pesan semonga acara ini tidak hanya dilakukan pada tahun ini saja dan harus menjadi acara rutin dari tahun ke tahunnya kemudian masyarkat harus tetap selalu menjaga kesehatan adapun harapannya kedepan menigkat derajat kesehatan di Puncak Jaya masyarakat jauh lebih sehat kemudian bisa membangun daerah lebih baik dan berkembang.

 Acara juga dimeriahkan dengan panggung hiburan kesenian berupa pertunjukan Dokter Cilik, Tarian khas toraja, yospan yang diikuti oleh Taman kanak – kanak, SD Se- Kota Mulia, PAUD, Polisi Cilik dan ada pula bazar jajanan nusantara.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply