BAHAYA VIRUS CORONA, KADINKES ELIATAS: ANTISIPASI VIRUS CORONA DI KABUPATEN PUNCAK JAYA

0

Mulia- Melihat penyebaran penyakit Corona (Suspect Covid 19) yang sangat mematikan di beberapa negara seperti Cina, Jepang, Korea dan beberapa negara lainnya termaksud di Indonesia. Yang dimana Indonesia sendiri telah mencatat 19 kasus yang positif terjangkit Virus Corona dan hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa akan tersebar luas di pelosok tanah air bila tidak ditangani secara serius. Adapun beberapa Rumah Sakit yang disediakan Pemerintah Indonesia untuk menerima pasien rujukan positif Corona.

Melihat situasi tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya Melalui Dinas Kesehatan mengambil langkah-langkah guna mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona di Puncak Jaya.

Kepala Dinas Kesehatan Eliatas Telenggen, S.Ip, M.Si menyampaikan telah mengambil langkah dalam mencegah masuknya virus di daerah Kabupaten Puncak Jaya ini dengan beberapa penyuluhan terhadap pasien serta masyarakat . “kita ketahui bahwa virus Corona ini sangatlah berbahaya, sehingga bagi masyarakat Puncak Jaya yang sering melakukan perjalanan keluar kota Untuk sementara waktu dihentikan dan jika itu tidak mendesak dan terlalu penting” ucap Kadinkes Eliatas dalam wawancaranya, (Selasa 10/03/20).

“ada pepatah mengatakan sediakan payung sebelum hujan sehingga adapun beberapa langkah langkah yang akan disiapkan adalah Menyiapkan tenaga medis seperti dokter, melakukan penyuluhan terhadap masyarakat dikarenakan hampir sebagian besar masyarakat kita tidak tahu tentang bahayanya virus corona ini” tambahnya.

Virus Corona sangat rentan dengan daerah yang memiliki suhu rendah sehingga sangat penting sekali Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya harus melakukan antisipasi sejak dini. Adapun beberapa upaya yang dilakukan dari Pihak RSUD Mulia  yaitu sosialisasi terhadap masyarakat. “untuk Saat ini upaya yang sedang kami lakukan adalah mengadakan penyuluhan tentang bahayanya virus corona agar masyarakat Puncak Jaya dapat mengantisipasinya” ucap dr. Muhammad Nasir Ruki Al Bugisi, S.Si.,M.Kes.,Apt.,Sp.Gk.

“Virus ini sangat mudah menyebar dengan memiliki tingkat penyebaran yang tinggi  sehingga tetap waspada. Namun dr Nasir mengatakan masyarakat tidak perlu panik namun tetap waspada serta selalu mengkonsumsi makanan yang meningkatkan sistem imun perbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan mengonsumsi kacang-kacangan serta biasakan  mencuci tangan pakai sabun serta menggunakan masker jika sedang dalam keadaan batuk atau Flu dan untuk saat ini kami belum sepenuhnya memiliki standar rumah sakit untuk menangani pasien terjangkit penyakit corona, karena kami belum memiliki ruangan isolasi dan alat proteksi diri. Tetapi jika dalam keadaan darurat apapun akan kami lakukan dan kami akan berusaha semaksimal mungkin” tutupnya.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply