Kesehatan

TP PKK PUNCAK JAYA GELAR SOSIALISASI DAN EDUKASI PHBS DAN BAHAYA NARKOBA

Mulia-Puncak Jaya Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak Jaya melakukan sosialisasi terkait bahaya narkoba, sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Sosialisasi pola makan B2SA (Beragam, Bergizi, Sehat, dan Aman). Kegiatan berlangsung di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Sabtu (10/08/2024).

Pj Ketua TP PKK Puncak Jaya Ny. Manikem Tumiran menyebutkan bahwa pihaknya berkomitmen dalam mewujudkan sekolah-sekolah di Puncak Jaya yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. Selain itu sosialisasi ini digelar sebagai bagian dari program kerja PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah.

“Salah satu peran yang dilakukan PKK di masyarakat yakni meningkatkan pengetahuan dan perilaku sehat sehingga masyarakat dapat mencegah penyakit, baik itu penyakit menular maupun tidak menular,” ujarnya.

Tujuan daripada kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada generasi muda, pelajar dan orang tua tentang bahaya penggunaan narkoba dan pentingnya pola hidup yang sehat. Sehingga mampu mewujudkan generasi milenial yang sehat bebas narkoba untuk masa depan generasi muda dan pelajar yang gemilang.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, peserta mampu menyampaikan dan mensosialisasikan di sekolah dan lingkungan masing-masing terkait pentingnya sosialisasi bahaya narkoba, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta pola makan yang Beragam, Bergizi, Sehat, dan Aman.

Dikatakan Manikem jika sebelumnya PKK juga telah melakukan penyerahan bantuan buku kepada SD Negeri Mulia dan SD YPPGI, guna menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Selain itu, sosialisasi yang disampaikan oleh drg. Musyulianti dan dr. Ali Sadikin yang memaparkan mengenai bahaya narkoba dan pentingnya pola makan sehat dan gaya hidup sehat yang menjadi fokus dalam kegiatan ini sebagai upaya preventif untuk mengurangi resiko penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan masalah kesehatan, sehingga kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan semakin tinggi.
(Valent)

Related Articles

Back to top button