Pembangunan

KABUPATEN PUNCAK JAYA KEMBALI RAIH PREDIKAT OPINI WTP KE-5

Mulia- Kabupaten Puncak Jaya kembali berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 5, atas Laporan keuangan tahun 2023 oleh BPK. Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Puncak Jaya Dr. H. Tumiran, S.Sos, M.AP dalam apel gabungan Kantor Bupati Puncak Jaya, Senin (03/06/24).

Diketahui Kabupaten Puncak Jaya telah menerima predikat opini WTP 5 tahun berturut-turut. Hal tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah terhadap laporan keuangan pemerintah daerah yang telah disajikan secara wajar dalam semua aspek yang material dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku di Indonesia.

Dari beberapa Laporan Hasil Pemeriksaan, dapat di simpulkan, bahwa penyusunan Laporan Keuangan Kabupaten Puncak Jaya TA 2023 telah sesuai dengan standar akutansi pemerintah berbasis aktual dan telah di ungkapkan secara memadai dan tidak terdapat ketidakpatuhan yang berpengaruh langsung dan secara material mempengaruhi opini atas laporan keuangan tersebut. 

Dalam amanatnya, Pj Bupati Tumiran menyampaikan salah satu indikator pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan adalah diperolehnya predikat opini WTP. Dimana pemerintah memberikan apresiasi atas diraihnya opini WTP sehingga capaian tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Predikat WTP ini adalah bukti nyata partisipasi, Doa dan kontribusi semua elemen baik DPRD, ASN, TNI/Polri, Pimpinan Denominasi Gereja, Ormas dan seluruh masyarakat Puncak Jaya. Konsistensi Puncak Jaya yang terus mempertahankan predikat tertinggi dalam pengelolaan keuangan membuktikan bahwa komitmen mampu bersinergi untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik sesuai dengan ketentuan dan aturan berlaku” ucapnya.

Meski begitu, Pj Bupati Tumiran mengatakan memang masih ada beberapa catatan yang kedepannya yang harus diperbaiki.

Di akhir amanatnya, Pj Bupati Tumiran mengapresiasi seluruh ASN yang masih loyal mengikuti apel pagi. Dirinya berharap ASN dapat terus meningkatkan kinerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.
(Valent)

Related Articles

Back to top button