Pembangunan

WASPADA CURAH HUJAN, PEMDA PUNCAK JAYA HIMBAU MASYARAKAT BERHATI-HATI

Mulia-Puncak Jaya Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya meminta masyarakat untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem dan berhati-hati dalam beraktivitas di tengah kondisi cuaca di berbagai wilayah Kabupaten Puncak Jaya akhir-akhir ini. Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Puncak Jaya, Matius Kiwo, SE, MM. Sabtu (18/05/24).

Pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. “Bagi 27 Distrik untuk tetap melakukan aktivitas di siang hari dan apabila sudah mulai hujan agar segera kembali ke rumah masing-masing demi keselamatan, karena saat ini alam mulai mengancam kita manusia. Oleh sebab itu, mari kita sama-sama tetap menjaga hutan, tidak membakar hutan lagi secara liar,” imbau Kiwo.

Hal ini sejalan arahan BMKG, memasuki Tahun 2024 kondisi di Papua sangat ekstrim/tinggi, “Untuk itu kita harus tetap waspada secara khusus masyarakat yang tinggal dibawah gunung atau pinggir sungai untuk tetap berhati-hati saat sedang hujan” tambahnya.

Banyaknya bencana dibeberapa lokasi seperti tanah longsor dan banjir bandang yang terjadi dibeberapa Distrik yakni Distrik Gurage, Tingginambut, Nioga, Mulia dan Irimuli, membuat masyarakat perlu untuk berhati-hati.

Dirinya mengungkapkan bahwa Pemerintah Puncak Jaya sudah menelusuri tempat-tempat yang terjadi musibah banjir seperti rumah, kebun,ternak dan lainnya. “Kami sudah ketemu masyarakat setempat dan dalam waktu dekat ini akan memberikan bantuan yang akan disalurkan di Distrik Tingginambut bahkan Gurage, kampung Pilia, Nagu, dan Menia,” Pungkasnya.
(Valent)

Related Articles

Back to top button