Kesehatan

PASTIKAN DAPAT PELAYANAN YANG BAIK, PEMDA PUNCAK JAYA GELAR FORUM KEMITRAAN BERSAMA BPJS KESEHATAN CABANG JAYAPURA

Mulia- Puncak Jaya Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus mengupayakan pelayanan kesehatan yang optimal bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Untuk itu, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura menggelar forum kemitraan dan komunikasi pemangku kepentingan utama Kabupaten Puncak Jaya Tahap 1 Tahun 2024 di Ruang UKP Kantor Bupati Puncak Jaya, Selasa (21/05/24).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Deny Jermy Eka Putra Mase, menjelaskan bahwa forum ini bertujuan untuk memastikan peserta program JKN dan KIS di Kabupaten Puncak Jaya mendapatkan pelayanan yang optimal.
“Dengan forum ini, kami memastikan peserta JKN dan KIS menerima pelayanan yang mudah, cepat, dan setara dalam mendapatkan jaminan kesehatan,” ungkap Deny.

Deny juga menyampaikan untuk mempermudah koordinasi antar Instansi terkait dalam menyelesaikan kendala-kendala operasional dilapangan perlu dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan fasilitas kesehatan.

Membuka kegiatan itu, Asisten Bid. Administrasi Umum Ordianto Baruri, S.Pt mengatakan “Forum kemitraan ini sangat penting dilakukan karena merupakan sarana komunikasi oleh seluruh para pemangku kepentingan guna memiliki pemahaman yang sama dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dan bersama-sama menawarkan solusi terbaik sebagai peran serta masing-masing pihak. Selain itu sebagai bentuk dukungan dalam peningkatan cakupan kepesertaan, memberikan pemahaman peserta melalui sosialisasi maupun langkah-langkah inovasi guna terus meningkatan kualitas mutu pelayanan program JKN-KIS,” ujar Ordianto.

Dalam forum ini, berbagai pihak terlibat, termasuk beberapa dinas di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informatika, Rumah Sakit, Puskesmas, dan pemangku kepentingan lainnya.

Salah satu hasil dari forum ini adalah penekanan untuk meningkatkan sosialisasi mengenai manfaat keikutsertaan di BPJS Kesehatan kepada masyarakat. BPJS Kesehatan berharap mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam program ini.

Forum kemitraan ini menunjukkan komitmen BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN dan KIS, serta menjalin sinergi dengan pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Puncak Jaya.
(Valent).

Related Articles

Back to top button