Kamtibnas

GELAR RAKOR KESIAPAN PELAKSANAAN PEMUNGUTAN SUARA, PJ BUPATI TUMIRAN AJAK SEMUA STAKEHOLDER SUKSESKAN PEMILU

Mulia- Penjabat (Pj) Bupati Puncak Jaya, H.Tumiran S.sos, M.AP menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemungutan Suara Kabupaten Puncak Jaya, bertempat di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Selasa (06/02/24).

Hadir dalam rakor Dandim 1714/Pj Letkol Inf. Irawan Setya Kusuma ,Kapolres Puncak Jaya AKBP. Kuswara, Plh Sekda Ordianto Baruri, Ketua KPUD Merkius Wonda, Ketua Bawaslu Marinus Wonda, DPRD, Para Kepala Distrik, Kepala Kampung, Pimpinan Partai Politik, serta anggota PPD (Panitia Pemilihan Distrik).

Kegiatan yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Puncak Jaya ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait dengan pelaksanaan pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi perolehan suara dalam pemilihan umum tahun 2024.

Pj Bupati Tumiran berharap Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar.

“Pemilu harus berjalan tepat waktu, damai dan aman. Untuk itu kita harus bersama-sama menyukseskan pemilu ini, apapun permasalahan di lapangan pasti bisa kita selesaikan secara kekeluargaan,” tegasnya.

Menurut Tumiran, pemerintah hadir tidak untuk mengintervensi namun untuk memfasilitasi, sehingga penyelenggaraan pemilu dapat berjalan lancar.

“Penyelenggaraan pemilu telah diserahkan sepenuhnya kepada KPU untuk itu mari kita percayakan seluruhnya kepada KPU” tegasnya lagi.

Adapun bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu mengakibatkan terputusnya jalan merupakan kejadian yang tidak diinginkan dan diluar dari kehendak manusia, namun pihaknya berharap pelaksanaan pemilu dapat berjalan tepat waktu dan damai.

Ketua KPUD, Merkius Wonda dalam sambutannya berharap proses pemilu dapat berjalan dengan baik dan aman di Kabupaten Puncak Jaya. Untuk itu semua stakeholder diharapkan dapat bekerjasama mendukung kesuksesan pemilu.

“Kami KPU juga berharap peserta pemilu dapat menyampaikan hal-hal yang ingin disampaikan sehingga dapat menjaga kesuksesan pemilu ini,” harapnya.

Dandim Letkol Inf Irawan Setya Kusuma menegaskan siap  membantu pemerintah daerah untuk menyukseskan pemilu 2024. “Saya mengajak kepada seluruh pihak terkait untuk memiliki rasa tanggungjawab untuk bersama-sama menyukseskan pemilu dan pileg ini,” ajaknya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Puncak Jaya, AKBP Kuswara. “Dari segi pengamanan, kami dari pihak kepolisian sudah menyiapkan personil-personil yang siap mengamankan sehingga proses pemilu dapat berjalan lancar, aman dan kondusif, untuk itu mari kita sama-sama menjaga agar pemilu dapat berjalan aman dan damai,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu, Marinus Wonda mengatakan jika pihaknya bersama KPU siap mengawal proses pemilu 2024 ini sehingga dapat berjalan lancar.

“Adapun bencana alam (jembatan putus di Gurage) yang terjadi semoga dapat segera diatasi sehingga tidak menghambat proses pemilu 2024,” harapnya.
(Valent).

Pj. Bupati saat memberikan arahan
Para Stakeholder yang hadir dalam Rakor Persiapan Pemilu 2024
Para Stakeholder yang hadir dalam Rakor Persiapan Pemilu 2024

Related Articles

Back to top button