Kesehatan

PEMDA PUNCAK JAYA JAMIN PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MELALUI JKN

Mulia-Puncak Jaya. BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Puncak Jaya bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya bekerja sama mendaftarkan masyarakat Puncak Jaya sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan yang dibiayai oleh Pemda Puncak Jaya agar masyarakat mendapat kepastian pelayanan kesehatan yang diperlukan. Bertempat di Kantor BPJS Mulia Pruleme, Rabu (08/05/24).

Program ini untuk menghindari beban ganda dan kesulitan pembiayaan yang dihadapi masyarakat saat sakit. JKN merupakan asuransi yang bersifat publik atau bersifat sosial dengan prinsip gotong-royong yang ditanggung bersama diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Puncak Jaya Ahmad Dalim Jayamada, S.Kep mengatakan “Kami menyambut baik antusiasme masyarakat dalam mendaftarkan diri sebagai peserta JKN BPJS Kesehatan. Untuk masyarakat asli Kabupaten Puncak Jaya yang kami tahu mayoritas berprofesi sebagai petani dan juga kurang mampu” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, “Kami BPJS kesehatan sudah bekerja sama dengan pemda untuk mendaftarkan masyarakat kedalam program bantuan yang dibiayai oleh pemda. Tapi melihat keterbatasannya anggaran dan kuota setiap tahunnya, jadi untuk saat ini kami mengutamakan masyarakat yang betul-betul membutuhkan jaminan kesehatan” bebernya.

Adapun persyaratan dengan membawa identitas diri berupa KTP atau KK, juga dibuktikan dengan surat keterangan sakit.

Pihaknya menyampaikan bahwa setiap pelayanan yang dilakukan baik di kantor maupun saat melakukan sosialisasi, tidak dikenakan pemungutan biaya.

Related Articles

Back to top button