Kesehatan

LAKUKAN SURVEY AKREDITASI DI RSUD MULIA PUNCAK JAYA, LAFKI HARAP RS JAMIN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

SIARAN PERS

Pers Release No:400.14.3/017/PROKOMPIMPJ/III/2023

MULIA_PUNCAK JAYA (07 Maret 2023), Selama 2 (dua) hari sejak Selasa s/d Rabu tanggal 07-08 Maret 2023, diselenggarakan survey akreditasi rumah sakit di RSUD Mulia Puncak Jaya yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI).

Survey akreditasi rumah sakit ini dilaksanakan selama dua hari yang dilakukan oleh Tim Akreditasi LAFKI dr. Minhas Maiturungan. FIHFAA didampingi Ardhan, S.Kep, S.Sos. FIHFAA

Setibanya di Bandara Udara Mulia, tim disambut oleh Asisten Bid. Administrasi Umum Setda Ordianto Baruri, S.Pt didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Ekubang Daud T. Wendamily, SH, M.KP, Kepala Dinas Kesehatan Eliatas Telenggen, S.IP, M.Si dan Direktur RSUD Mulia dr. H. Muh. Nasir Ruki, S.Si, Apt, Sp.Gk bersama para dokter dan nakes di VIP Bandara Mulia. Hadir juga Pasi Ops Kapt. Inf. Daniel Sine dan Wakapolres AKBP. Philip M. Ladjar.

Asisten Bid. Administrasi Umum Ordianto dalam sambutannya menyampaikan “Akreditasi merupakan bentuk pengakuan pemerintah kepada rumah sakit yang memenuhi standar yang telah ditetapkan, akreditasi menjadi faktor yang sangat penting untuk mengukur mutu pelayanan rumah sakit” tutur Ordianto.

Ordianto berharap RSUD Mulia, menjadi rumah sakit yang bermutu dan terbaik dalam kualitas dan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Puncak Jaya.

dr. Minhas mengatakan bahwa lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia ada enam lembaga. “Kami dari LAFKI yang dipilih oleh RSUD Mulia, sebagai lembaga penilaian akreditasi yang independen” ucapnya.

Tujuan Akreditasi demi menjaga mutu pelayanan di rumah sakit dan mutu pelayanan itu harus sesuai standar. Pihak akreditasi menyampaikan jika “Standarnya harus sama dari pusat sampai ke pedalaman. Tetapi bukan berarti bahwa segala fasilitas RSUD Mulia sama dengan Jakarta atau Makassar misalnya. Tapi kita juga menilai dengan kondisi wilayah tersebut.” Jelasnya.

Dirinya mengakui kondisi Puncak Jaya semua serba terbatas, namun hal itu bukan menjadi alasan bahwa RSUD melayani tidak sesuai standar. dr.Minhas menjelaskan bahwa dalam keterbatasan petugas tetap harus melayani sesuai dengan standar apa yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Rsud Mulia dr. Nasir, bahwa Para surveyor melakukan telusur ke seluruh Instalasi di Rumkit secara mendalam terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Survey itu dilakukan dengan inspeksi, wawancara, telusur lapangan secara langsung terhadap pelayanan, pegawai, pasien, pengunjung dan keluarga pasien, juga kepada cleaning service dan semua pihak yang terlibat dalam pelayanan di Rumah Sakit tersebut.

Kegiatan akreditasi rumah sakit merupakan hal yang sangat penting, karena akan membantu rumah sakit untuk menerapkan tata kelola rumah sakit yang baik dan menjamin mutu dan keselamatan pasien di RSUD Mulia. Sehingga dapat dipastikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit telah sesuai dengan standart kreditasi rumah sakit dan diakui secara Nasional.

Related Articles

Back to top button