Pembangunan

ADAKAN MUSRENBANG, BAPPEDA PUNCAK JAYA DIMINTA HASILKAN DOKUMEN BERKUALITAS!! Pj. BUPATI INDIKASIKAN DANA DAU TERALIHKAN

SIARAN PERS

Pers Release No. 400.14.3: 027/PROKOMPIMPJ/III/2023

Mulia – Puncak Jaya (28 Maret 2023) Bappeda Puncak Jaya laksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk anggaran tahun 2024 di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya.

Pembukaan Musrenbang Puncak Jaya dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Tumiran, S.Sos, M.AP didampingi Kepala Bapperida Prov. Papua Tengah Ukkas, S.Sos, M.KP, Pj. Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM, Ketua DPRD Zakaria Telenggen serta Kepala Bappeda Temin Enumbi, S.IP.

Hadir juga Dandim 1714/PJ Dany Salurerung, S.IP, Kapolres PJ AKBP Kuswara, SH, Eselon II&III, para Kepala Distrik, Tokoh pemuda, Tokoh Agama dan Instansi Vertikal.

Musrenbang yang akan dilaksanakan dari tanggal 28 s/d 30 Maret diharpakan bisa mensinkronkan data RKPD Puncak Jaya tahun anggaran 2024 “tersedianya dokumen RKPD yang mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat dan pemerintahan baik dari tingkat distrik maupun kabupaten ” ujar Kepala Bappeda Temin.

Dalam arahannya Ukkas mengungkapkan Musrenbang yang dilakukan Bappeda Puncak Jaya merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh delapan kabupaten yang tergabung dalam Prov. Papua tengah setelah terbentuknya Otonomi Baru tersebut.

Dirinya beranggapan rencana pembangunan harus sejalan dengan situasi kondusif di suatu daerah sehingga masyarakat bisa merasakan dampak pembangunan tersebut.

Lebih lanjutnya Ukkas menuturkan agar penyusunan perencanaan dan penganggaran harus menggunakan program skala prioritas “Apabila tidak ada program prioritas maka tidak akan ada anggaran dana, ini dimaksudkan agar perencanaan dan penganggaran tepat sasaran hingga dapat betul-betul dirasakan masyarakat” ungkap Kepala Bapperida Prov. Papua Tengah.

Untuk itu dirinya menghimbau Bappeda Puncak Jaya untuk bisa menghdirkan program perencanaan yang efisien, efektif, partisifatif dan akuntabel sehingga tercapai dokumen perencanaan yang semakin berkualitas.

Menurutnya dokumen perencanaan berkualitas akan menjadi gambaran keberhasilan pembangunan daerah dengan melihat indikator kesejahteraan masyarakat.

Pembukaan Musrenbang ditandai dengan pemukulan tifa olej Pj. Bupati yang disaksikan seluruh tamu undangan yang hadir.

Sementara itu Pj. Bupati menganggap Musrenbang hari ini sangatlah penting untuk penjabaran Rencana Pembangunan Daerah Kab. Puncak jaya untuk periode 2023-2026.

“Isu strategis berupa Keamanan, Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Kebijakan apirmatif bagi OAP serta Infrastruktur, dapat dijadikan dasar penentuan program dan sub kegiatan” ujar Tumiran.

Menurutnya isu strategis tersebut sudah sesuai dengan RPD Puncak Jaya 2023-2026, dan juga telah selaras dengan Tema Rancangan Pembangunan Nasional dan Prov. Papua Tengah.

Tumiran juga membeberkan sesuai laporan Bappeda, Musrenbang Puncak Jaya untuk tahun 2024 sedikit berbeda yang dimana menggunakan sistem berbasis PRA RKA “penerapan PRA Rencana Kerja Anggaran (RKA) agar lebih dini bisa mengistimasikan perencanaan anggaran tahun 2024 yang lebih efisien dan efektif serta sejalan dengan program pencegahan korupsi yang di tegaskan oleh KPK bersama Kemendagri” ungkapnya.

Adapun terkait dengan Pemilu tahun 2024 terindikasi akan menyerap anggaran dari dana DAU “Pemilu 2024 membutuhkan biaya yang besar yang digadang-gadang bersumber dari Dana Alokasi Umu (DAU)” pungaksnya.

Lebih jelasnya Tumiran menekankan agar pengususlan RKPD yang bersumber dana DAU harus serealistis mungkin, dan bisa lebih berfokus pada anggaran dana DAK serta Otsus.

Menutup sambutannya Pj. Bupati menegaskan kepada seluruh stake holder untuk terus menjaga situasi kondusif di Puncak Jaya. Dirinya berharap kejadian beberapa waktu lalu yang merenggut korban jiwa tidak terulang kembali.

“Masyarakat dan Kepala Distrik adalah garda terdepan dalam menjaga wilayah masing-masing, segera laporkan kepada pihak berwenang apabila ada indikasi mengganggu situasi Puncak Jaya” ucapnya.

Related Articles

Back to top button