Pembangunan

LANTIK PENJABAT KETUA TP PKK KABUPATEN PUNCAK JAYA, INI PESAN PJ KETUA PROV PAPUA TENGAH

SIARAN PERS

NABIRE_PAPUA TENGAH PJ Ketua TP-PKK Provinsi Papua Tengah Ny. Yosina Anwar Damanik melantik Penjabat Ketua TP-PKK Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Intan Jaya, Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Gubernur Provinsi Papua tengah. Rabu (04/10/23).

PKK merupakan mitra kerja pemerintah dalam membangun masyarakat dan daerah terutama di bidang ekonomi keluarga, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan anak, spiritual masyarakat.

PJ Ketua TP PKK Provinsi Papua Tengah, Ny. Yosina Anwar Damanik dalam sambutannya menyampaikan “Pentingnya peran PKK dalam pembangunan kesejahteraan keluarga, PKK bukan hanya sekedar organisasi tetapi juga merupakan garda terdepan dalam memberdayakan masyarakat” tuturnya.

Dirinya menekankan bahwa “Terdapat program Prioritas Nasional yang harus disukseskan bersama yaitu Penanganan Stunting, Pengentasan Kemiskinan, Pengendalian Inflasi Daerah, dan Penanganan Pengangguran. Juga bersama-sama menjalankan 10 program-program PKK” tambahnya.

Asisten I Provinsi Papua Tengah, Ausilius You, S.Pd, MM, MH mengatakan “Pelantikan ini bukanlah sebuah simbol dan seremonial saja namun komitmen untuk terus berupaya memajukan peran PKK dalam membangun keluarga yang berkualitas” ucap Ausilius.

PKK memiliki power yang ideal sebagai Mitra pemerintah untuk memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin. Pemerintah daerah harus senantiasa menggandeng PKK khususnya dalam menjalankan program prioritas utama pemerintah, sesuai arahan presiden di mana tim penggerak PKK sebagai Mitra pemerintah harus berfokus dalam upaya penurunan angka stunting dengan target minimal 14% di tahun 2024 mengendalikan laju inflasi serta penurunan Angka kemiskinan melalui program pokok PKK. 

Ditemui oleh media, Ny. Manikem Tumiran menyampaikan trimakasih kepada PJ Ketua TP PKK Prov. Papua Tengah yang telah melantik Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Intan Jaya pada hari ini.

Manikem mengatakan akan fokus untuk menyukseskan 10 program pokok PKK dengan program prioritas dari masing-masing bidang atau kelompok kerja. “Keberhasilan program pokok PKK merupakan barometer pembangunan di daerah, oleh sebab itu PKK perlu bersinergi dengan sektor terkait maupun OPD yang ada sehingga program-program berjalan maksimal,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam rangka mencapai visi dan misi gerakan PKK yang tertuang dalam Rencana Induk Gerakan PKK 2021-2024, “Kader PKK maupun dasawisma merupakan garda terdepan dalam pencegahan stunting dan perannya sudah terbukti mampu menekan angka stunting di daerah, oleh sebab itu perlu terus disupport,” pungkasnya. (Valent)

Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Puncak Jaya Ny. Hj. Manikem Tumiran, S.Sos, M.AP bersama Angota TP-PKK Kab. Puncak Jaya
Penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Puncak Jaya Ny. Hj. Manikem Tumiran, S.Sos, M.AP disaksiksan Pj. Ketua TP-PKK Provinsi Papua Tengah

Related Articles

Back to top button