WISATA HUTAN, BUPATI UNGKAP KASIAT JERUK DAN BUAH MERAH YAMO

0

Pers Release No: 111/PR/PROKOMPIM/VIII/2021

Mulia- Disela peninjauan ruas jalan Wundu-Purbalo, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.IP, MM mengajak para awak media untuk memperlihatkan salah satu buah khas dari Distrik Yamo yaitu Buah Jeruk asam Yamo dan Buah Merah dengan sejuta khasiat dan manfaatnya, Sabtu(28/08).

Bupati menjelaskan khasiat dan manfaat buah jeruk asam dimana selain mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik buat tubuh yang diantaranya vitamin B1, asam folat dan potassium. “Jika terpapar Covid 19 Yuni menyarankan untuk mengkonsumsi jeruk ini dengan meminum dengan air hangat setiap harinya, biarpun sangat asam akan tetapi sangat baik untuk kebugaran tubuh.” bebernya.

Bupati Yuni juga menuturkan bahwa “Buah merah di Distrik Yamo begitu melimpah dan manfaatnya bisa menangkal kanker, menurunkan kolesterol sehingga dapat mengurangi resiko serangan jantung. Buah merah merah juga di klaim mampu mengobati penyakit HIV dan TBC”ujarnya.

Bupati mengajak warganya untuk rutin mengkonsumsi buah lokal. “Buah merah dan jeruk Yamo adalah solusi multivitamin menjaga daya tahan tubuh yang penting untuk melawan Covid-19. Ini bisa menjadi sumber nutrisi bagi tubuh, oleh karena itu saya sering membeli dari masyarakat buah jeruk ataupun buah merah untuk layak di konsumsi dan mudah diperoleh” tuturnya.

Dirinya mengisahkan bahwa jalur purbalo ini dulunya adalah jalan yang biasa dilewati waktu kecil yang hingga kini masih membekas dalam ingatan Sang Bupati. Melihat kesulitan masyarakatnya saat itu, membuat dirinya untuk bermimpi suatu saat harus membuat perubahan. “Sebelum jalan purbalo dibangun waktu masih kecil saya berkebun di daerah sini, tuturnya sambil nostalgia menunjukkan kebun dan jalan yang dilalui semasa kecil bawa buah merah, jeruk, ubi dan sayur mayur kita pikul naik turun gunung berjalan kurang lebih 3 jam perjalanan demi menjual hasil kebun. Dengan adanya pembukaan jalan purbalo ini Bupati Yuni harap masyarakat sekitar lebih mudah dalam mengangkut hasil kebun untuk di jual ke pasar dan tidak menghabiskan waktu yang lama” Kenangnya.

#prokompim

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply