UPACARA BAPTISAN AIR, PDT. YONAS ENUMBI : TETAP BERPEGANG TEGUH DENGAN KOMITMEN UNTUK TERUS MENGIKUT YESUS

0

Pers Release No :87/HumasPJ/VII/2020

Mulia- Mengangkat tema karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan Baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadamu. (Matius 28:19-20). Dihadiri oleh, para gembala Daerah II yang berasal dari 7 jemaat, dilakukan baptisan air yang bertempat di gereja Galilea Muliagambut, Minggu (26/07).

Baptisan air kali ini merupakan program kerja Dewan daerah Mulia II yang dipimpin Ev. Denis Telenggen yang berasal dari 7 jemaat yakni gereja Anthiokia, Emaus, Agape, Kasih Yerusalem, Eo Yuneri, Eklesia dan Gereja Galilea. Sebanyak 193 orang nampak antusias mengikuti babtisan hari ini, didominasi oleh kalangan pemuda/i.

“(Matius 4) Yesus adalah Allah tetapi ketika Ia dibaptis, Iblis membawanya ke padang gurun untuk dicobai. Selama 40 hari lamanya Ia tidak makan dan minum. Ia bisa saja melakukan apa yang dikatakan oleh iblis tetapi Yesus tidak melakukannya. Kemenangan atas pencobaan Tuhan Yesus tersebut melatarbelakangi tujuan utama kehadirannya di dunia untuk menyelematkan setiap umat manusia yang selama ini dibelenggu oleh kuasa iblis” Ucap Pdt. Yonas Enumbi dalam kotbahnya.

Upacara Baptisan air merupakan agenda sakral bagi umat kristiani dan hanya dilakukan sekali seumur hidup. Dilakukan kepada mereka yang benar – benar mengaku Yesus sebaga Juruselamat pribadi serta meninggalkan cara hidup yang lama dan akan hidup seturut dengan Firman-Nya. “kita telah mengaku dosa serta berjanji akan tidak melakukan perbuatan yang menyakiti hati Tuhan tetapi kadang kita mengingkarinya sehingga pada hari ini bagi yang sudah dibaptis tetapi kembali ke kehidupan lama, saya sampaikan untuk kembali kepada-Nya. Bagi anak – anak yang akan kita baptis hari ini, sesuai putusan hati mereka mengaku dan menerima Tuhan sebagai Juruselamat pribadi dan saya berpesan kepada para baptisan untuk berpegang teguh dengan komitmen untuk terus mengikut Yesus” tutupnya.

Selaku ketua panitia Pembaptisan Yulius kogoya menyampaikan uncapan terima kasih kepada seluruh jemaat yang turut berpartisipasi hingga pada tahap terakhir. “saya mengucapkan banyak terima kasih kepada 7 Jemaat yang telah berpartisipasi semenjak dari tanggal 6 juli sampai dengan hari ini 26 juli. Terima kasih juga kami sampaikan kepada bapak Bupati Puncak Jaya yang telah memberikan bantuan berupa dana guna menyukseskan kegiatan upacara pembaptisan air ini. Apa yang bapak/i berikan tersebut untuk mengerjakan perkerjaan Tuhan, oleh karenanya Tuhan pun akan membalasnya dalam kehidupan masing masing ” ucap Yulius.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada para orang tua saya yang telah pertama kali menerima Injil kebenaran Allah lalu memegang teguh hingga sampai hari ini. Dengan demikian hasil dari itu, kita bisa sama – sama menyaksikan anak – anak kita dibaptis hari ini. Untuk menciptakan suasana yang aman dan damai itu bukan dari tokoh agama saja tetapi menjadi tugas kita bersama” ucap Bupati Yuni wonda dalam sambutannya. Selaku pemerintah, dirinya mengajak seluruh jemaat untuk tetap menjaga kerukunan antar dan lintas agama demi terwujudnya kedamaian di Puncak Jaya.

Turut hadir dalam upacara baptisan Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos., S.IP, MM, Wakil Ketua Wilayah Yamo Pdt. Yonas Enumbi, Wakil Klasis GIDI Mulia Telius Wonda, S.Th, Kepala Dinas Sosial Yosenus Yoman, S.IP Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Amir Wonda, S.Pd, kepala Dinas Koperindag Ewonggen Kokoya, S.Th., M.AP dan seluruh Jemaat GIDI Yang terdiri dari 7 jemaat.

Kegiatan yang dihadiri ratusan jemaat yang hadir membuat halaman gereja Galilea penuh sesak dengan jemaat yang hadir. Dalam proses baptisan

#Humaspuja

Sambutan Bupati Puncak Jaya saat Pembaptisan 193 orang

Sambutan Bupati Puncak Jaya saat Pembaptisan 193 orang

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply