TMMD KE- 109 KODIM 1714/PUNCAK JAYA RESMI DITUTUP, DANREM MINTA PERKUAT, SINERGI LINTAS SEKTORAL

0

Pers Release No: 121/HumasPJ/X/2020

Mulia- Setelah 30 hari lamanya, kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 Kodim 1714/Puncak Jaya hari ini resmi ditutup. Kegiatan yang dulu dikenal dengan ABRI masuk desa (AMD) merupakan salah satu bentuk Operasi Bhakti TNI sebagai wujud kepedulian TNI dalam membantu masyarakat bersama stakeholder yaitu Pemda, Polri dan DPRD untuk percepatan pembangunan.

Acara secara resmi ditutup oleh Inspektur acara Danrem173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, SE sesaat setelah membacakan Amanat Pangdam XVII/Cend. didampingi Plh. Sekda Mulyadi, S.Sos, M.AP, M.KP. Penutupan digelar tertutup di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Rabu (21/10).

Kendati tertutup seperti saat pembukaan, acara penutupan TMMD berjalan hikmat dengan protokol kesehatan meski biasanya digelar dengan upacara berikut Tata Upacara yang tertib. Bertindak selaku Perwira acara Kapt. Inf. Indra selaku Pasi Logistik Kodim 1714/PJ.

Kegiatan yang diawali dengan pembacaan laporan hasil pelaksanaan TMMD oleh Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Rofi Irwansyah, S.IP, M.Si.

Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Rofi Irwansyah, S.IP, M.Si selaku Dansatgas TMDD ke-109 Puncak Jaya dalam laporannya memaparkan hasil pelaksanaan TMDD berupa sasaran fisik pembangunan fasilitas umum dan hunian warga masyarakat.

Dandim menjelaskan bahwa “TMMD telah melakukan Pembangunan 1 unit Balai Penyuluhan KB di Distrik Nioga dan rehab 1 unit GOR PBSI Kabupaten Puncak Jaya Distrik Mulia Kampung Pruleme selesai dikerjakan. Selain itu sasaran non fisik yang telah dilakukan berupa penyuluhan Covid-19 yaitu kampanye 3 M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan) serta pembagian sembako di Distrik Nioga” jelasnya.

Ditambahkan olehnya bahwa “Dengan alokasi waktu pelaksanaan yang sudah ditentukan selama 30 hari dan juga telah diawali dengan pelaksanaan pra TMMD maka semua sasaran dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar. Adapun jumlah personil yang dilibatkan dalam Kegiatan TMDD yakni 150 orang.”urai Letkol Rofi. Pihaknya berharap hasil pembangunan, dapat dimanfaatkan dan dipergunakan dengan baik.

Dalam kesempatan itu, amanat Pangdam XVII/Cend yang dibacakan Danrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan , SE, M.M menyampaikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan personil TNI. “TMMD dimaksudkan untuk meningkatkan Kemanunggalan TNI Rakyat dengan berpedoman pada TNI Profesional Kebanggaan Rakyat, untuk memperkuat kerjasama lintas sektoral sebagai upaya untuk mengendalikan Pandemi (Covid – 19), TNI harus selalu disiplin mengikuti aturan protokol kesehatan agar program TMMD tetap terlaksana” ucap Danrem.

Dirinya menambahkan bahwa Puncak Jaya, sebagai salah satu daerah rawan kamtibmas oleh Danrem adalah potensi tegaknya NKRI di Papua. “Kegiatan TMMD ini telah membuka keterisoliran masyarakat, sehingga diharapkan ekonomi masyarakat dapat bergerak. Program TMDD dapat dipandang sebagai salah satu upaya pemerintah melalui TNI AD untuk membangun dan memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah yang sangat diperlukan dalam mewujudkan ketahanan nasional untuk menjaga tetap tegaknya kedaulatan NKRI yang sangat kita cintai” tuturnya.

Dalam kegiatan, tersebut dilakukan penandatanganan naskah berita acara penyerahan hasil proyek serta penyerahan kepada masyarakat dari Danrem 173/PVB kepada Plh. Sekda serta penandatanganan prasasti pembangunan Balai penyuluhan KB Distrik Nioga. Selepas acara, dilakukan foto bersama seluruh tamu undangan dan pemutaran foto dokumentasi kegiatan TMMD.

Kegiatan penutupan TMMD yang berakhir tepat pkl 09.00 WIT tersebut turut dihadiri Kapolres Puncak Jaya AKBP. Mikael Suradal, MM, Danyon 500/Raider Letkol Inf. Yoki Malintong, Danyon 900/Raider Letkol Inf. Markity Jaya, Danpos Phaskas AU Bandara Mulia, Dansatgas Ban, Danki Brimob Gorontalo, Pejabat Eselon II, III dan Pimpinan ormas serta perwakilan Kepala Distrik dan Kepala Kampung dilingkungan Pemda Puncak Jaya. Hadir pula Pimpinan Denominasi Gereja dan Masjid se Kota Mulia.

Selepas itu rombongan Danrem 173/PVB langsung menuju Bandara Mulia untuk kembali bertolak ke Jayapura.

#HumasPJ

Share.

About Author

Leave A Reply