SERAHKAN KUNCI RUMAH SOSIAL MASYARAKAT, BUPATI GENJOT PEMBANGUNAN FISIK DI KAMPUNG, DEMI TRUST MASYARAKAT

0

Pers Release No : 147/Prokompim/XI/2021

Mulia – Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya terus dorong pembangunan sebagai bukti bentuk pelayanan nyata kepada masyarakat. Kali ini Bupati Dr. Yuni Wonda, S.IP, MM kembali meresmikan Perumahan Sosial Masyarakat yang terletak di Distrik Yamo, Kamis (11/11).

Didampingi Ketua TP PKK Ny. Ursula Waminop Wonda, Bupati turun langsung melihat kondisi rumah sosial Masyarakat yang diserahkan.

Dalam laporannya Yahya mengungkapkan pembangunan rumah sosial Distrik Yamo berdasarakan dokumen pelaksanaan anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun anggaran 2020.

“Anggaran pembangunan rumah sosial dialokasikan dari Otsus sebesar Rp.765.655.850 diperuntukan untuk pembangunan 5 unit rumah masyarakat yang dikhususkan bagi masyarakat Papua. Dua yang sudah jadi dan sisanya masih diselesaikan” jelasnya.

Yahya menambahkan ada 5 unit rumah sosial yang sedianya akan dibangun di Distrik Yamo. 2 unit telah selasai dan 3 unit lainnya masih dalam tahap pembangunan. Dalam kesempatan itu Sekda Puncak Jaya, H. Tumiran diberikan kesempatan untuk menyerahkan kunci rumah tanda resmi untuk ditempati.

Ditemui Pers, Bupati menuturkan bahwa penyerahan rumah sosial sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang. “Sesuai dengan Peratuan Pemerintah ada beberapa hal yang menjadi prioritas utama yakni keberpihakan kepada Orang Asli Papua (OAP) dan pemberdayaan Orang Asli Papua (OAP). Salah satunya adalah hunian masyarakat yang nyata dan konkrit. Kami masih memantau dan dorong terus beberapa unit lain sebelum nanti diserahkan.” jelasnya.

Secara garis besar, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya kini lebih memprioritaskan pembangunan yang strategis dan monumental yang dampak dan manfaatnya bersentuhan langsung dengan masyarakat Papua dipelosok distrik.

“Rumah yang kita bangun dengan tipe 36 ini dari Dana Otsus, diutamakan untuk orang asli papua (OAP) dan diberikan kepada yang berhak menerima karena masyarakat juga harus menikmati pembangunan yang dilakukan pemerintah” ungkapnya.

Bupati Dr. Yuni menambahkan “Pembangunan di Puncak Jaya bukan hari ini saja namun tahun – tahun kedepan pemerintah akan bangun lebih banyak lagi” bebernya. Bupati berharap masyarakat dapat menikmati langsung hasil pembangunan dan outcamenya pada peningkatan kepercayaan masyarakat (trust) kepada pemerintah makin tinggi. Bupati berharap dengan penyediaan hunian layak menjadi perintis pertumbuhan populasi masyarakat yang berdampak pada pertumbuhan sentra pelayanan di Distrik Yamo.

Selepas penyerahan Kunci kepada pemerima manfaat, Sekda Puncak Jaya, H. Tumiran mengakui ada beberapa titik proyek monumental yang masih akan diresmikan nanti. Tahun 2020 saja terdapat 17 unit Rumah Masyarakat yang belum diresmikan. Adapun Rumah sosial yang dalam progres diantaranya Rumah Masyarakat Distrik Dokome, Gubume, Waegi dan Wonwi dengan total 18 unit. “Kita doakan bersama agar semua berjalan tanpa ada kendala, saya harap Kepala OPD maupun pelaksana dilapangan bisa memaksilkan waktu yang ada agar target bisa, tercapai. Alhamdulilah, kemarin kami sudah koordinasi dengan Kepala BPKAD, agar segala proses dikeuangan/administrasi didorong dan tidak terbawa ke tahun berikutnya” jelas Sekda.

Selain itu ada pula Kantor yang akan diresmikan adalah Kantor Distrik Fawi dan Kantor Distrik Nume. Kendari demikian, Sekda mengaku bahwa karena padatnya agenda, maka rencana peresmian akan ditunda sampai awal tahun 2022 nanti. Sekda menambahkan bahwa dengan berakhirnya perang suku di Ilu, gurage dan Kalome kemarin dan tuntasnya agenda penting PON XX PAPUA beberapa waktu lalu, maka Pemda dan jajarannya sudah bisa lebih spartan dan masif untuk melanjutkan pembangunan yang tertunda di distrik dan beberapa kampung lainnya.

Diakhir wawancara, Bupati Yuni berpesan kepada masyarakat penerima manfaat untuk merawat baik rumah sosial yang telah dibangun. “Untuk masyarakat yang menerima rumah sosial hari ini, supaya bisa jaga dan rawat dengan baik agar dapat ditempati dalam jangka panjang. Yang belum menerima harap sabar, pembangunan masih terus berjalan pasti dapat kalau berdoa” tutup Yuni.

Dikesempatan yang sama, Ibu Yambira selaku penerima rumah sosial mengapresiasi Bupati yang senantiasa memperhatikan masyarakat yang tinggal dibalik gunung. “Saya sangat senang atas diberikannya rumah ini dan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Yuni yang tetap melihat kami meski tinggal jauh dibalik gunung” tutupnya.

#prokompimpj #otsuspapua #papuatorangbisa #humaspuncakjaya #kemendagri #dirjenkeuda #pemprovpapua #ppidpapua

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply