SALURKAN BSP 16 MILIAR, BUPATI HARAP MENYENTUH LANGSUNG MASYARAKAT

0

Pers Release No : 133/ProkompimPJ/X/2021

Mulia – Dinas Sosial Kabupaten Puncak Jaya melalui Kantor Pos cabang Mulia kembali menyalurkan Bantuan Sosisal Sembako Tunai Papua (BSP) untuk bulan April – September yang bertempat di Kantor Distrik Mulia, Selasa (19/10).

Pada penyaluran BSP kali ini diharapkan sebanyak 27 Kepala Distrik Kabupaten Puncak Jaya akan menerima langsung selaku sebagai pihak perwakilan penerima. Selanjutnya akan di distribusikan ke masyarakat yang menerima secara langsung di distrik masing-masing. Memang agak berbeda karena penyaluran seharusnya dengan fisik pangan namun karena standar harga angkut yang tinggi, maka penyaluran sembako dikonversikan dalam bentuk tunai.

Demi tertib penyelenggaraan, acara penyaluran kali ini tetap dikawal oleh TNI-Polri yang terus mengawal penyaluran ini hingga sampai masyarakat penerima.

Ditemui setelah proses penyaluran BSP, Kepala Dinas Sosial Puncak Jaya melalui sekretaris Periya Wonerengga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang tidak pernah tutup mata untuk masyarakat Papua terkhusus Puncak Jaya.

“Beberapa waktu lalu Dinas Sosial mengadakan rapat dengan tim perwakilan Kementerian Sosial RI yang datang ke Mulia, Kepala Kantor Pos cabang Mulia dan 27 kepala Distrik beserta stakeholder yang ada guna merangkum data penerima BSP kali ini” jelasnya. Menurutnya monitoring dan evaluasi data penerima harus dilakukan agar ada sinkronisasi dan penyaluran tepat sasaran.

“Dari hasil rapat tersebut, hari ini Dana Bansos dapat direalisasikan kepada masyarakat melalui Kantor Pos Mulia, ini merupakan jawaban dari harapan masyarakat Puncak Jaya. Kepada para kepala distrik diharapkan langsung menyalurkan bantuan ini di tengah-tengah masyarakat agar bisa memenuhi kebutuhan pokok mereka” harap Periya.

Senada dengan hal itu, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda melalui komunikasi telepon mengungkapkan agar bantuan yang diberikan pemerintah benar-benar dapat menyentuh langsung ke masyarakat dan bisa bermanfaat. Bupati menambahkan bahwa data sebelumnya sangat tidak releban sehingga pihaknya menekankan kepada jajaran Dinas Sosial dan Dukcapil untuk membenahi data agar sesuai dan relevan.

Ditempat yang sama Yudianto Teftutul selaku Kepala Kantor Pos Cabang Mulia menjelaskan bahwa PT. POS adalah BUMN yang ditunjuk langsung oleh kementerian Sosial untuk menyalurkan bantuan Sosial Tunai/pangan di seluruh Indonesia.

“Hari ini Kabupaten Puncak Jaya menyalurkan dua Triwulan yakni periode April – September 2021 yang dimana jumlah KTM sebanyak 27.561 jiwa yang di mana nominal uangnya 16 Miliar lebih” jelasnya.

Yudianto berharap Kepala distrik sebagai wakil penerima dapat memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat dapat merasakan manfaat bantuan sosial ini.

Yudianto menambahkan “Kedepananya kita akan terus bekerja untuk melakukan pendataan mulai dari Kampung hingga Distrik dan akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial dan Dinas Pencatatan Sipil untuk mengupayakan bantuan sosial ini bisa terus berlanjut” bebernya.

Sedangkan Tekiles Wonda, S. IP selaku Kepala Distrik Mulia yang mewakili kepala Distrik mengapresiasi Pemda Puncak Jaya dalam hal ini Bapak Dr. Yuni Wonda, S.IP, MM selaku Bupati Puncak Jaya “Kami akan langsung terjun kelapangan guna segera menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya” jelasnya.

#ProkompimPJ #puncakjaya #ponxxpapua

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply