RAPAT MUSRENBANG DAERAH RKPD 2021 TAHUN ANGGARAN 2020

0

Mulia- Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Kamis (23/4).

 

Dihadiri oleh Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.SOS, S.IP, MM , Ketua DPRD Puncak Jaya Zakarias Telenggen, Sekretaris DPRD Puncak Jaya Daud Wendamili, S.H , M.KP, Kapolres Puncak Jaya AKBP Mikael Suradal, MM , Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Agus Sunaryo, Ketua KPU, Ketua BAWSLU, Para Kepala OPD serta Kepala Distrik di Lingkungan Pemda Puncak Jaya.

 

Sementara itu Plh. Kepala Bappeda Pirens Aipasa, ST, mengatakan “Tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk mendapatkan masukan dan penyempurnaan  rancangan awal Dokumen RKPD 2021 yang memuat prioritas pembangunan daerah, pelaksanaan musrenbang ini adalah merupakan amanat undang-undang nomor 25 Tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan Nasional dan turunan undang-undang lainnya” ungkapnya.

 

Dalam Sambutannya Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM mengatakan “Tahun 2020 adalah tahun pengurangan peningkatan pembangunan, dan juga terjadi pada pengurangan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya penyakit covid 19 ini membuat kita berada dalam situasi yang sulit. Tahun 2019 menuju tahun 2020 mengalami pengurangan dana otsus, Presiden melalui Menteri Keuangan menyampaikan adanya perubahan anggaran,

maka dari itu perencanaan pembangunan tidak akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya” ungkap Bupati.

 

“Dengan demikian kita tidak akan mengalami peningkatan pembangunan namun mengalami penurunan pembangunan, Program tahun ini tidak akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya karena terjadinya pengurangan dana DAK” tambah Bupati Yuni.

 

“Semoga apapun yang kita hadapi kedepan kita harus bersama-sama menghadapinya, kita harus belajar menahan diri untuk tidak saling melempar masalah dengan keadaan sekarang. Kita harus mensosialisasikan perubahan yang terjadi kepada masyarakat agar mereka dapat paham dengan apa yang terjadi saat ini” tutup Bupati.

 

Selain itu dalam kesempatan yamg sama  Sekretaris Bappeda Edy Kusman, S.STP juga mengungkapkan “kendala dalam menjalankan musrenbang mengingat instruksi dari Plt. Sekjen melalui Plh. Brigjen bidang pembangunan itu mengisyaratkan kita harus melakukan musrenbang antara OPD dan Distrik namun hal ini tidak dapat kami laksanakan di Kabupaten kami, karena mengingat infrastuktur kami terbatas sehingga kami harus menjalankan dalam ruang terbuka. Kami sudah menerapkan Phisical Distancing dengan mengatur jarak masing-masing OPD, dan kami hanya mengundang Para Kepala OPD dan Kepala Distrik sehingga tidak menimbulkan terjadinya kerumunan massal dalam satu ruangan. Sebelum melakukan kegiatan musrenbang ini kami juga telah melakukan Penyemprotan Desinfektan serta menyediakan alat kebersihan seperti sabun untuk mencuci tangan bersih” ungkapnya.

 

#HumasPJ

Share.

About Author

Leave A Reply