POLTEKKES KEMENKES JAYAPURA LULUSKAN 36 MAHASISWA PUNCAK JAYA

0

Pers Release No: 099/HumasPJ/2020_

Mulia – Guna meningkatkan percepatan pendidikan tenaga kesehatan khususnya di Kabupaten Puncak Jaya, Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura Jenjang Diploma III Keperawatan Kabupaten Puncak Jaya pada Program Studi D III Keperawatan Nabire Tahun Akademik 2019/2020 kelas Puncak Jaya resmi mewisudakan 36 mahasiswa dalam perjalanan penyelenggaraan pendidikan yang sebelumnya telah melakukan Yudisium secara Virtual, Bertempat di Aula Sasana Kawonak, Selasa (15/9).

Dihadiri oleh Plt. Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Rofi Irwansyah, Kapolres Puncak Jaya AKBP. Drs. Mikael Suradal, MM, Kabid SDMK Provinsi Papua Lesman Tabuni, S.Kem., M.Kes, Direktur Poltek Kesehatan Kemenkes Jayapura Dr. Arwan Hermanus Zet, SE, M.Kes, D.Min, Pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemda Puncak Jaya.

Sementara itu, Program Percepatan pendidikan tenaga kesehatan melalui RPL merupakan jawaban amanat yang di tuntut oleh UU. Tenaga kesehatan dimana dalam UU ini memberikan kewajiban kepada setiap penyelenggara pelayanan kesehatan baik rumah sakit milik pemerintah maupun milik swasta untuk mempekerjakan tenaga kesehatan dengan kualifikasi pendidikan Diploma III.

Pelantikan tenaga kesehatan oleh Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapuran Dr. Arwan Hermanus Markus Zet, SE., M.Kes. D.Min dan dilanjutkan dengan penyerahan salinan ijazah kepada tenaga kesehatan yang di wisudakan hari ini.

Terlihat raut wajah gembira dan sukacita yang terpancar dari para tamu undangan sontak hening ketika mendengar persembahan lagu dari para wisudawan/i. Sebuah kisah perjuangan di tengah pandemi virus corona membuat mereka tidak mudah menyerah dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat Puncak Jaya di distrik-distrik yang melayani tanpa rasa lelah. Usia mereka yang sudah menua menjadi bukti nyata bahwa perjuangan mereka harus terus berlanjut. Jiwa kemanusiaan masih terpancar jelas dari raut wajah mereka.

Dengan adanya pemerintah membuat program RPL Diploma III keperawatan sehingga para mahasiswa dapat di wisudakan. Sebagai tanda berakhirnya proses belajar, pada hakekatnya justru menjadi awal untuk memasuki kehidupan nyata yang memerlukan upaya untuk terus-menerus mengembangkan diri melalui proses belajar.

Selain itu Mewakili Bupati Puncak Jaya, Plt. Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP dalam sambutannya menyampaikan dalam pelayanan kesehatan agar dapat lebih profesional “Saya harap mulai saat ini harus mulai melakukan perubahan pelayanan kesehatan dengan pelayanan yang lebih profesional, kami juga berharap agar kerjasama selama ini dengan Politeknik Kesehatan Jayapura tetap terjalin dalam meningkatkan pendidikan bagi putra – putri asal Kabupaten Puncak Jaya di daerah kami sehingga nantinya dapat kembali bertugas ditempat ini” ungkap Plt. Sekda.

Di Era Globalisasi, Desentralisasi dan Otonomi daerah telah membuat tuntutan – tuntutan baru disegala sektor tidak terkecuali sektor pelayanan kesehatan, tuntutan akan kualitas yang lebih baik dalam pelayanan kesehatan masyarakat sudah seharusnya menjadi respon dengan meningkatkan kualitas insan – insan penyelenggara kesehatan masyarakat yang lebih profesional.

Plt. Sekda melanjutkan bahwa pihaknya sangat terharu atas di sahkannya para wisudawan/i pada hari ini, melihat peserta ada yang telah lanjut usia bahkan akan pensiun namun tidak mengurangi rasa sukacita mereka dalam menyelesaikan pendidikannya. “Dengan penyelenggaraan pendidikan melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau, oleh karena itu kesempatan yang baik ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh yang lainnya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi” jelasnya.

Tumiran melanjutkan bahwa pihaknya berharap kepada pengurus Politeknik Kesehatan Jayapura agar dapat membantu dalam pengurusan penyesuaian ijazah DIII “Setelah para pegawai kami diwisuda dan sudah sah menyandang Diploma III Keperawatan, maka proses selanjutnya adalah melakukan penyesuaian ijazah dalam beberapa pengalaman terakhir memang ada beberapa kendala terkait penyesuaian ijazah yang mana kadang kala terkendala pada Portal Dikti. Untuk itu saya berharap kepada direktur dan segenap jajaran untuk dapat di daftarkan pada portal dikti agar tidak menghalangi para wisudawan/i ketika penyesuaian ijazah nantinya” tambah Tumiran.

Dalam kesempatan yang sama Kabid SDMK Dinkes Provinsi Papua dalam sambutannya mengungkapkan “Negara yang maju dan berkembang hanya ada pada sumber daya yang maju, sumber daya dibidang kesehatan ini sangatlah penting. Ada empat program prioritas tinggi di dalam pembangunan yaitu Pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan perekonomian. Mereka yang resmi di wisuda pada hari ini telah melewati proses belajar mengajar dengan menyelesaikan berbagai macam tugas sehingga mereka bisa sampai pada tahap ini. Pemerintah harus terus mendampingi mereka untuk terus melakukan tanggungjawab yang telah mereka sumpah dan janji, mereka adalah orang – orang yang telah dipercayakan pada bidang kesehatan” ungkap Lesman Tabuni.

#HumasPJ

Share.

About Author

Leave A Reply