PLH. SEKDA PASTIKAN BEBERAPA WILAYAH DI KABUPATEN PUNCAK JAYA TIDAK DIAMBIL ALIH OLEH KABUPATEN LUAR

0

Pers Release No: 061/HumasPJ/V/2021

Mulia- Rapat Penetapan Batas Wilayah Kabupaten Puncak Jaya yang berlangsung di Ruang UKP Kantor Bupati Puncak Jaya dihadiri oleh Plh. Sekda Yahya Wonorengga,S.IP, Asisten Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Esau Karoba S.Pak, Staf Ahli Bidang Ekubang Barnabas Yoteni, S.Sos, Para Kabag dan Kepala Distrik. Kamis (05/05).

Penetapan batas wilayah Kabupaten Puncak Jaya adalah hal yang sangat penting, terutama terkait luas, potensi yang ada serta kebijakan yang akan diambil dalam mengelola wilayah tersebut. Oleh karenanya, penentuan batas wilayah Kabupaten harus disepakati oleh semua pihak.

Dalam rapat tersebut Plh. Sekda Yahya Wonorengga menyampaikan “Saat ini Kabupaten Puncak Jaya berbatasan dengan 4 Kabupaten yakni Tolikara, Lanny Jaya, Membramo Raya , dan Membramo Tengah, setelah kami melihat beberapa permasalahan terkait batas wilayah yang ada berdasarkan hasil survey peta yang kami lihat dari tahun 2017 ternyata batas wilayah Kabupaten Puncak Jaya sudah dimasuki oleh beberapa Kabupaten” ujar Yahya.

Dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan hari ini, Plh. Sekda menyampaikan akan memastikan beberapa batas wilayah, apakah sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Puncak Jaya. “Pusat telah memberikan peluang untuk memperbaiki batas-batas wilayah yang saat ini berbatasan dengan wilayah lainnya, sehingga dalam rapat telah dibentuk tim kerja yang akan menyiapkan dokumen terkait dengan batas wilayah” jelasnya.

Walaupun hanya diberi waktu 2 bulan, Plh. Sekda akan terus mendorong dalam waktu yang cepat, sehingga dalam batas waktu singkat yang diberikan pihaknya akan berusaha dan berupaya bagaimana menyiapkan dokumen terkait dengan batas wilayah tersebut.

Untuk data yang diperoleh dari Kabupaten Puncak Jaya sepertinya masih banyak kendala, dimana data dari Kementrian PUPR dengan Kemendagri memiliki data yang berbeda. Menurut Plh. Sekda jumlah distrik yang ada saat ini adalah 27 Distrik, namun data yang digunakan di Kementrian PU masih menggunakan 8 distrik dan itu merupakan data yang lama sehingga data tersebut perlu disinkronkan.

Menutup arahannya Plh. Sekda menambahkan “Walaupun terjadi refocusing anggaran, kami berharap pimpinan dapat menjawab apa yang menjadi kendala kita saat ini, sehingga dengan pembentukan tim ini dapat melakukan tinjauan langsung batas wilayah Kabupaten Puncak Jaya yang sudah di klaim oleh Kabupaten tetangga”.

#HumasPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply