PEMDA SALURKAN BLT DIZONA III, STAF AHLI : 4 KAMPUNG BELUM TEREALISASI

0

_Pers Release No : 080/HUMASPJ/VII/2020_

Mulia – Bertempat di Halaman Gereja GIDI Fawi dilakukan penyaluran Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Zona III, yang mencakup Distrik Fawi, Dagai dan Torere.

Turut hadir dalam pembagian dana tersebut, Mewakili Pemerintah Daerah Staf Ahli Bupati Bidang Ekubang Barnabas H. Yoteni, S.Sos, M.KP, Anggota DPRD Dapil Fawi Yusak Deriebi, Perwakilan Bank Papua Cabang Mulia, Staf Kantor Inspektorat, Staf DPMK, Aparat Keamanan dari TNI-Polri dan para kepala distrik bersama masyarakat dari 3 Distrik berjalan dengan aman dan lancar, Rabu (01/07).

Ditemui setelah kegiatan, Barnabas Yoteni yang juga mantan Kepala Distrik Fawi mengatakan bahwa penyaluran dana BLT ini sekaligus dengan pencairan dana ADD untuk Aparat Kampung dan Bamuskam “Penyaluran BLT ini sekaligus dibarengi dengan pencairan ADD untuk aparat kampung dan Bamuskam, kegiatan ini melibatkan 3 Distrik dan 32 Kampung, dari 32 kampung tersebut yang sudah tereliasasikan adalah 28 kampung sisanya 4 kampung yang belum terealisasikan dikarenakan para Kepala Kampung dan Sekretaris Kampung tidak berada ditempat dan berkasnya belum lengkap” ungkap Yoteni.

Yoteni berharap Terkait 4 kampung yang belum mencairkan Dana BLT kiranya para kepala kampung untuk dapat melapor dan segera hadir ditempat untuk melakukan pencairan dana BLT dikarenakan kampung adalah otonom tersendiri yang memiliki aturan sesuai Undang-undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa, sehingga pencairan Dana tersebut tidak bisa diwakili oleh siapapun. “Adapun kendala yang dihadapi dalam penyaluran BLT Zona III ini adalah transportasi yang mengharuskan Pemda mencarter pesawat untuk sampai ke lokasi, serta masih adanya kampung yang belum mencairkan dikarenakan para kepala kampung tidak ada ditempat serta berkas-berkas persyaratan pencairan belum lengkap” tambah Yoteni.

Selain itu ditempat yang sama salah satu kepala kampung mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas penyaluran dana BLT yang transparan dan akuntabel “Kami selaku masyarakat berterima kasih banyak kepada Bupati Puncak Jaya dan Pemerintah Daerah atas kebijakan dana BLT yang telah dibayarkan per-Zona ataupun langsung ke distrik sehingga masyarakat yang terdampak dapat langsung menikmati BLT tersebut” ungkap salah satu Kepala Kampung.

“Kemudian harapan kami selaku masyarakat untuk kedepannya agar pembayaran dana BLT maupun Dana Desa agar kiranya dilakukan seperti sekarang yaitu dibayarkan per-Zona ataupun langsung kedistrik, kami juga meminta kepada Bupati Puncak Jaya untuk segera membangun KCP Bank Papua yang telah dijanjikan kepada masyarakat” Harapnya.

#HumasPJ

Share.

About Author

Leave A Reply