PEMDA PUNCAK JAYA GELONTORKAN 53 M HADAPI COVID-19

0

Pers Realase No : 040/HumasPJ/IV/2020

Mulia – Terkait wabah Covid-19 ini Pemda Puncak Jaya sudah siap dalam hal anggaran untuk memenuhi beberapa kebutuhan pokok masyarakat yang ada, hal ini dapat dilihat bagaimana Pemerintah begitu aktif didalam memberikan Bantuan berupa masker dan Bama ( Bahan Makanan ) ke beberapa distrik yang ada di Kabupaten Puncak Jaya. Tak hanya itu, Pemerintah pun sangat aktif dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat yang belum paham mengenai Covid-19.

Ditemui dalam sela-sela kegiatan di Distrik Muara, pada Rabu (15/04) Kepala BPKAD, Yubelina Enumbi, SE selaku Koordinator Bendahara Gugus Covid-19 mengatakan bahwa ketika Surat Keputusan  dari Menteri Keuangan telah keluar mengenai penganan Covid-19 dengan sigap kami mengambil tindakan dalam perubahan DAK.

“kami sendiri sudah melakukan perubahan dalam rangka penanganan Covid-19 yang dilakukan pertama yaitu dalam percepatan DAK kita melakukan perubahan dalam anggaran DAK. Penyesuaian untuk anggaran DAK sendiri itu ada nilainya sekitar 18,553 M  disitu dilakukan untuk ruang isolasi kemudian APD.” ungkap nya.

Disinggung 3 orang yang positif Covid-19 di Wamena, guna mengantisipasi agar tak menyebar ke Puncak Jaya, Bupati Yuni Wonda,  telah menutup jalur akses darat jauh sebelum terdengar kabar ada yang telah positif dan sampai hari ini jalur masih ditutup hingga waktu yang belum ditentukan.

Tujuan diadakan kegiatan seperti ini agar masyarakat Puncak Jaya dapat mengetahui apa itu Covid-19, sehingga masyarakat siap untuk menolak Covid-19 dengan cara mengikuti prosedur yang telah diberlakukan oleh Pemerintah Puncak Jaya.

Masyarakat sangat mendukung dengan adanya prosedur yang telah diberlakukan ini dilihat bagaimana masyrakat sangat aktif dalam tiap penyuluhan yang diberikan oleh pemda serta memakai masker yang telah diberikan.

Yubelina juga menambahkan bahwa dana alokasi Covid-19 juga telah disiapkan serta hibah Bansos ke 27 Distrik yang ada di Kabupaten Puncak Jaya. “Anggaran yang disiapkan dari BTT (Belanja Tak Terduga) untuk Pemda Puncak Jaya kami menyiapkan dana 15 M untuk alokasi Covid-19. Kemudian ada hibah Bansos yang kami anggarkan siapkan 10 M aftekasinya yaitu salah satunya pembagian Bama ke distrik-distrik, dana Bama persiapan untuk ke 27 Distrik sekitar hampir 2,5 M serta untuk penanganan Covid-19 kami mengalokasikan dana sekitar 53 M dari APD Puncak Jaya.” Pungkasnya

“Kami berharap untuk alokasi anggaran yang telah kami siapkan itu mampu menangani penangan Covid-19 ini sampai dengan aman apabila dipertengahan jalan ada hal-hal lagi pasti akan dilakukan asionalisasi APBD selanjutnya.” harap Yubelina Enumbi

Dalam wawancaranya Yubelina juga mengatakan bahwa bantuan ini bersumber  dana dari (Biaya Tak Terduga) BTT  dan Hibah Bansos yang dimana memang tersedia dalam Anggaran ” Adanya dana BTT yang memang tersedia sehingga kami bergerak dengan cepat untuk dapat melakukan pembuatan masker kain yang dimana diproduksi dari para penjahit lokal di Puncak Jaya sendiri. Dan penanganan di Puncak Jaya ini sudah mengikuti Prosedur yang ada.” tutup nya

Share.

About Author

Leave A Reply