NAPAK TILAS AIR MATA SURGA, BUPATI KOREK SOAL OTSUS

0

Pers Release No. 110/ProkompimPJ/2021

Mulia – Setelah melakukan kunjungan kerjanya dalam memantau Pembangunan Ruas Jalan Purbalo, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM melakukan rehat sejenak sembari merasakan Mata Air yang turun langsung dari Gunung yang belum tersentuh sama sekali. Saat ditemui Pers Bupati Yuni menyinggung soal UU Otsus.

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah Pusat khususnya Bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo bahwasanya pelaksanaan UU Otonomi Khusus Papua ada dua kontradiksi menurut masyarakat Papua “Ada dua versi dalam pelaksanaan Otsus, ada yang mereka menyatakan sikap bahwa otsus harus dievaluasi, adapula yang menolak. Menurut saya otsus harus dievaluasi karena ada memang program – program Pemerintah yang sudah berhasil contohnya jalan Poros Wondu – Purbalo yang berasal dari dana Otsus serta kesejahteraan yang menyangkut beberapa Organisasi Masyarakat dan dari situ kita membiayai mereka dari Dana Otsus itu sendiri” ungkap Dr. Yuni.

Menurutnya dalam UU Otsus terjadi perubahan yang signifikan berdasarkan tiga hal yang menjadi tolak ukur Pembangunan, Infrastruktur dan Kesejahteraan masyarakat Papua “Dulu dalam pengangkatan kursi DPR selain hasil pemilihan legislatif, disitu juga ada kursi yang diangkat dan kemarin hanya ada di tingkat Provinsi tapi kedepannya untuk tingkat Kabupaten juga diberlakukan”.

Bupati melanjutkan bahwa Otsus Ini memberikan ruang bagi OAP untuk berkarya dan mempunyai kesempatan “Kedua ada penambahan dana sebanyak 2,5T dari situ kita bisa mendistribusikan untuk pembangunan Pendidikan serta Kesehatan sehingga membangkitkan semangat masyarakat Papua” lanjutnya.

Selain itu, yang ketiga adalah memberikan ruang kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan pemekaran daerah dan disitu Bupati Yuni berharap putra – putri terbaik papua bisa tampil dalam pemekaran tersebut. “Itulah hal positif dari UU Otsus Nomor 21 tahun 2021” Tuturnya.

Bukan hanya itu saja, dampak positif yang dirasakan masyarakat Papua sangat terasa dan dari Otsus pun banyak Putra-Putri terbaik Papua tampil pada kanca-kanca Nasional apalagi saat ini sedang masa Pandemi Covid-19 “Saat ini sedang masa Pandemi Covid-19, Otsus memang sangat dibutuhkan dalam kesejahteraan masyarakat Papua sehingga pada prinsipnya Otsus ini sangat berdampak dan kami harus mendukung penuh dan wajib melaksanakan pelaksanaan Otsus itu” tutup Bupati.

#ProkompimPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply