MASUKI HARI KE 5 PRAJABATAN, WIDYAISWARA SOROTI ANTUSIASME PESERTA DAN FASILITAS DIKLAT

0

Pers Release No: 039/PR/HumasPJ/III/2021

Mulia- Memasuki hari kelima penyelenggaraan Pendidikan Pelatihan Prajabatan bagi Kategori 2 CPNS tahun 2013. Pelaksanaan dibagi salam 3 tiga lokasi berbeda yakni Aula Sasana Kawonak, Aula SMP Negeri 1 Mulia, GOR Pruleme dengan penerapan Protokol Kesehatan ketat.

Nampak wajah sumringah dan ceria dari wajah peserta CPNS yang hadir sejak pagi pukul 06.00 WIT disaat kabut dingin Mulia menerpa sampai nanti pkl. 18.00 kegiatan berakhir. Yang tidak biasa adalah hampir sebagian besar peserta memiliki usia yang tidak muda lagi bahkan mendekati pensiun dari unsur K2 ikut mengambil bagian. Kendati demikian tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengikuti kegiatan prajabatan tersebut.

Ditemui disela jam pembelajaran di Aula SMP, Kamis (26/3) Widyaiswara BPSDM Provinsi Papua W. K Wulan menuturkan “Mata diklat percepatan pemberantasan korupsi diajarkan pada diklat prajabatan kalau pada latsar itu anti korupsi, untuk mata diklat percepatan pemberantasan korupsi bertujuan supaya membekali ketika peserta nanti bertugas ditempat masing-masing mereka bisa menghindari perilaku korupsi, mereka bisa mencegah dan menjauhi” ujarnya.

Dengan penuh rasa haru dirinya mengungkapkan bahwa Kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya adalah kota yang sangat indah dan jauh dari pandangan miring orang luar selama ini. Selain itu menurutnya Peserta K2 Puncak Jaya juga sangat antusias mengikuti materi bahkan lebih antusias dari Kabupaten lain yang sama-sama berada di pegunungan, menurutnya memang diakui beberapa peserta masih ada yang pasif. Hal itu dimaklumi karena faktor usia dengan keterbatasan fisik yang menurun seiring umur yang membuat mereka tidak biasa untuk duduk belajar. “Kotanya indah dan masyarakatnya ramah” tandasnya.

Wulan menyatakan jika dirinya optimis bahwa dari para peserta ini nantinya akan diwujudkan para ASN yang berintegritas, amanah, jujur, bertanggungjawab, dalam melaksanakan tugas-tugas mereka. Hal itu karena semangat “mau belajar dan tidak takut salah” dari peserta CPNS.

Lebih jauh dirinya juga mengakui bahwa sarana prasarana dan panitia yang menyelenggarakan Diklat Prajabatan Puncak Jaya dinilai terbaik bahkan hampir mendekati standar Lembaga Administrasi Negara jika disandingkan dengan tingkat kesulitan daerah dipedalaman Papua. Fasilitas lengkap diantaranya guest house, Aula dengan sarana wifi, tempat cuci tangan, audio sound, visual/infokus, shuttle bus, Ambulance dan tim medis siaga, dsb.

Apresiasi tersebut merupakan angin segar bagi Ketua panitia dan penyelenggara yang bangga dengan apresiasi dari WI BPSDM.

Kepala BKPPD, Christomus Barguna, SE, M. Si mengungkapkan bahwa hal itu adalah motivasi bagi jajarannya untuk lebih memaksimalkan pelayanan sesuai dengan kapasitas dan keadaan daerah meski ditengah pandemi dan keterbatasan yang ada.

Dirinya berharap sebagai tuan rumah Diklat dapat menyediakan

“Kegiatan ini sudah dianggarkan tahun lalu, namun karena Covid-19 memaksa untuk dihelat tahun ini (2021) seusai arahan dan dukungan Bapak Bupati dan Sekda kami menggandeng BPSDM Prop. Papua. Kita berharap dengan, berbagai dukungan, agar agenda ini dapat selesai tepat waktu dan sesuai, dengan yang diharapkan” Jelas Chris.

Perlu diketahui bahwa, jumlah 300an peserta K2 adalah sesi awal sebelum nantinya masuk dari formasi umum dengan jumlah yang lebih sedikit dari total 566 peserta belum termasuk utusan dari Kabupaten lain.

Yang menarik adalah hadir pula 3 utusan dari daerah lain diantaranya Kab. Mimika, Kab. Puncak dan Pegubin. Mewakili utusan peserta, Yulita Edowai dari Mimika mengungkapkan ungkapan terima kasihnya kepada Pemda untuk dapat diberikan kesempatan mengikuti Prajab pertama kalinya di Puncak Jaya mengingat didaerahnya belum dilakukan hal serupa.

Salah seorang peserta K2 lainnya yang berusia lanjut, Buanggere Kokoya yang saat itu genap berusia 53 tahun mengaku sangat senang mengikuti Diklat prajabatan meski dengan usia yang tidak lagi muda. Menurutnya penantian yang cukup lama setidaknya dapat memberikan pengalaman berharga bagi dirinya saat kembali bertugas didistrik nanti meski tidak lama lagi memasuki Batas usia pensiun.

#HumasPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply