LANTIK PENGURUS BARU PEMUDA PANCASILA, BUPATI YUNI : JANGAN JADI ELIT POLITIK

0

Pers Release No : 047/HumasPJ/IV/2021

Mulia – Sebagai bentuk Keberpihakan dan pemberdayaan Orang Asli Papua di Puncak Jaya dilakukan pelantikan Ketua dan pengurus Ormas. Diharapkan kedepannya dapat menjadi garda terdepan untuk melayani masyarakat. Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM melantik dan mengukuhkan ketua serta 96 pengurus dan anggota Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Puncak Jaya masa bhakti 2021-2026 di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya dengan penerapan Protokol kesehatan, Selasa (6/4).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley, S.Sos, M.Si, Ketua Pemuda Pancasila Provinsi Papua Rudolf Ayomi bersama Ketua DPRD Zakaria Telenggen, Dandim 1714/PJ Letkol. Inf. Rofi Irwansyah dan Kapolres yang diwakili Wakapolres Kompol Irianto Jhon.

Hadir pula Ketua KNPI Temin Enumbi, S.IP, Asisten Bidang Pemerintahan SETDA Yahya Wonorengga, S.IP bersama para kepala OPD.

Dalam sambutannya, Pengurus Pemuda Pancasila Provinsi Papua menjelaskan “Pemuda Pancasila tidak berafiliasi pada Partai Politik melainkan berdiri tegak namun tetap berada dalam naungan KNPI yang merupakan induk semua organisasi yang ada. Dalam jenjang kepengurusannya, hampir mirip dengan TNI – Polri mulai dari Komandan Koti sampai level regu” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Rudolf berpesan agar seragam yang dikenakan tidak dipakai untuk menjadi jagoan dijalan. Dirinya juga mengingatkan agar organisasi yang telah dilantik tetap bergandengan tangan dengan pemerintah dan bergerilya bersama TNI-Polri. Selain itu Rudolf juga menekankan agar untuk merangkul seluruh generasi muda di Puncak Jaya dalam wadah kegiatan positif.

“Di era sekarang ini kita tidak lagi bersaing dengan adu kekuatan, melainkan dengan integritas. Oleh karena itu, kepada para pengurus baru, didiklah generasi muda Puncak Jaya untuk dapat meraih mimpi dimasa depan” tambahnya.

Bupati dalam kesempatan itu menobatkan Yutias Kogoya sebagai Ketua Umum Pemuda Pancasila Puncak Jaya disaksikan pengurus provinsi serta Forkopimda yang ditandai dengan Pembacaan Kata Pelantikan dan penandatanganan Berita Acara. Peserta yang hampir 100% adalah putra daerah asli Puncak Jaya mengucapkan Ikrar Pemuda.

Ditempat yang sama Bupati Yuni menyampaikan selamat untuk pengurus baru yang telah dilantik dan selamat mengabdi untuk bangsa dan negara serta daerah.

Bupati Yuni dalam sambutannya “Selama Keberadaan Ormas tidak mendapat tempat dan, selalu menjadi penonton, sekarang dimasa, Kepemimpinan kami sangat dibutuhkan untuk menjadi agen penggerak dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan Kabupaten ini, serta menjadi sosial kontrol ditengah masyarakat bahkan dilibatkan dalam berbagai agenda penting” tuturnya.

Bupati Yuni juga berpesan agar pergerakan Pemuda Pancasila tidak melenceng dari koridornya. “Jangan sekali-kali melakukan tindakan melawan hukum, keluar dari tujuan organisasi bahkan menjadi sayap politik tertentu atau politik praktis yang bisa merugikan diri sendiri terkhusus untuk organisasi itu sendiri”.

Perlu diketahui bahwa saat ini terdapat 16 Ormas yang merupakan binaan Pemda dibawah Badan, Kesatuan Bangsa dan Politik. Ditengah acara Keni Wonda selaku Penasehat ormas juga sebagai Kepala Bakesbang Pol menambahkan bahwa salah satu upaya kedepan, pihaknya akan mendata sekaligus membina Ormas yang ada sesuai kapasitas organisasi.

Bupati juga mengapresiasi terobosan ketua dan pengurus yang telah berjuang sampai ke pusat untuk mendapatkan mandat sejak pertengahan 2020. Menutup sambutannya, Bupati berpesan “Berbaurlah dengan masyarakat bersinergi dengan Pemerintah dan Ormas lain dalam kegiatan positif untuk membantu pembangunan Kabupaten ini” tegasnya.

#HumasPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply