KLAIM YAMO AMAN 90%, BUPATI RENCANAKAN BANGUN POS KORAMIL DAN POSPOL DISTRIK YAMO UNTUK HADIRKAN PEMERINTAH DI TENGAH MASYARAKAT

0

Pers Release No : 150/ProkompimPJ/XI/2021

Yamo – Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dalam kunjungan kerjanya ke Distrik Yamo selain melihat dan mendengarkan aspirasi masyarakatnya juga melakuakn peresmian kantor dan rumah sosial masyarakat, Kamis (11/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Puncak Jaya Ny. Ursula W. Wonda, S.KM, M.Kes, Wakil Ketua II DPRD Yoranius Wonda, Wakapolres Puncak Jaya Kompol. Philip Ladjar, SH bersama Dandim 1714/PJ diwakili Pasi OPS Kapt. Inf. Daniel Sine. Hadir pula Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP bersama Ketua DWP Ny. Manikem Tumiran, S.Sos, M.AP. Turut pula Ketua Klasis GIDI Mulia Pdt. Telius Wonda dan gembala Gereja Yamo Pdt. Weliman Wonda. Ikut pula pejabat eselon II, Para Asisten Sekda dan Staf Ahli Bupati bersama pejabat eselon II serta Para Kepala Kampung.

Dari kejauhan sejak pukul 08.00 WIT, asap bakar batu telah mengepul pekat di wilayah Tanda ada acara besar disana. Rombongan bertolak dari Kota Mulia dengan kendaraan roda empat tiba di tempat acara disambut tarian adat.

Disambut dengan barisan panjang anak sekolah dengan Bendera Merah Putih, Rombongan Bupati Puncak Jaya bersama Forkopimda mendapat penghormatan dengan pengalungan taring babi, tanda tamu disambut dengan hangat. Para Kepala Kampung, Para guru dari SD Inpres Yamo dan Mantri Yobin dari PKM Yamo serta aparat kampung hadir ikut memberikan parisipasi berupa tenaga dan sumbangan wam/babi yang akan dimasak.

Salah seorang perwakilan Masyarakat Yembira Wonda mengungkapkan “Kami tidak bisa bicara banyak, hanya ucapan terima kasih kepada Bupati yang bawa pembangunan ke Yamo” ujarnya.

Dalam Sambutannya Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.Ip, MM mengatakan terkait situasi kamtibmas di Distrik Yamo 90% dalam keadaan aman.

Dengan situasi yang kondusif, Bupati menjanjikan akan membangun Pos Koramil dan Pos Polisi (Pospol) Distrik Yamo. Hal itu dimaksudkan untuk mengawal pembangunan dan memastikan pelayanan pemerintahan berjalan aman dan kondusif disana. Selain itu kehadiran institusi lain menjadi cikal bakal masuknya institusi yang bersinergi membawa perubahan Distrik Yamo menjadi lebih baik.

“Saya minta agar kedepan pelayanan dan aktifitas antara Pemerintah, TNI/Polri, Seluruh Pimpinan Denominasi Gereja, Tokoh Masyarakat boleh bersinergi soal pembangunan kedepannya. Saya minta Kapolres dan Dandim segera susun persiapan untuk kita bangun Pos Koramil dan Pos Polisi disini. Nanti Kadistrik tentukan lahan dalam waktu dekat, kontraktor masuk bangun” ucap Bupati Yuni diikuti tepuk tangan meriah.

Dalam laporannya Asisten Bidang Pemerintahan Hukum dan Kesra Yahya Wonorenggo, S.IP menyampaikan pelaksanaan pembangunan kantor distrik yamo tahun 2020 bersumber dana (DAU) Setda oleh Pihak Ketiga berjalan lancar “Selain Pembangunan Kantor Distrik ada 3 unit Rumah Sosial Masyarakat (2 Unit sudah selesai dan 1 unit dalam penyelesaian) yang bersumber dana (OTSUS) pada Dinas PUPERA. Masih ada 9 paket lain yang masih dalam tahapan” Ucapnya.

Asisten Yahya Wonorenggo menyebutkan bahwa sasaran dan tujuan pembangunan Kantor Distrik adalah untuk menyediakan fasilitas Kantor Distrik Yamo dalam rangka memotong alur pelayanan birokrasi lebih dekat ke masyarakat tanpa harus ke ibukota.

Selepas pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti kantor, Bupati memberikan kesempatan membuak kantor distrik kepada Anggota DPRD Yopi Enumbi. Selanjutnya Bupati bersama DPRD dan Forkopimda langsung meninjau ruangan Kantor Distrik dan Aulanya.

Selepas meninjau, Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP menyerahkan kunci rumah masyarakat kepada perwakilan ibu Yambira Morib untuk bisa ditempati. Perasaan Haru dan Senang tampak tumpah dalam suasana itu disaksikan masyarakat yang hadir.

Tepat pukul 14.00 WIT, Acara Bakar Batu yang biasanya molor dan panjang berjalan singkat dan Rombongan Bupati dan Forkopimda bertolak kembali ke Kota Mulia.

#ProkompimPJ #Kemendagri #TorangBisa #Barangapajadi #Puncak Jaya

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply