KADISTRIK FAWI DIGANJAR MOTOR, BUPATI : KEPALA OPD TIDAK MAMPU TERTIBKAN STAF, KEPALANYA YANG SAYA TERTIBKAN

0

Pers Release No : 084/HumasPJ/VI/2021

Mulia – Sebagai bentuk reward and punishment atas prestasi OPD dalam pembinaan kepegawaian, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.IP, MM berikan penghargaan hanya kepada kepala Kepala Distrik Fawi.

Bertempat di Halaman Kantor Bupati Puncak Jaya, Senin (28/06), Apel kali ini agak penuh sesak dibanding biasanya, hal ini mengingat beberapa pekan lalu, Bupati Puncak Jaya melakukan inspeksi dan pengecekan ASN yang aktif maupun yang tidak aktif.

Dalam amanatnya Bupati Yuni Wonda serius menekankan kedisiplinan Pegawai Puncak Jaya harus terus ditingkatkan demi terciptanya pelayanan yang baik. Menurutnya perubahan pola laku dan sikap ASN harus dimulai saat ini.

“Hari ini agak berbeda, barisan ASN agak maju dan lapangan penuh karena pegawai sudah menyadari kewajiban apel. Upaya Penertiban ASN harus di tingkatkan terus, kita sebagai Abdi Negara yang dibiayai oleh Negara harus menunaikan kewajiban, pegawai tidak boleh main-main dalam pelayanan karena masayarakat perlu dilayani dengan baik” tegas Bupati.

Bupati menyebutkan bahwa jumlah pegawai Puncak Jaya saat ini adalah 3.000 lebih. Dengan jumlah tersebut dirinya optimis bahwa kegiatan apel selanjutnya akan ada peningkatan dikemudian hari. Bupati juga menambahkan bahwa “Shock therapy” yang dilakukan dari hari senin dan rabu bagi OPD dan kepala distrik serta Kamis untuk tenaga kesehatan bagi Dinkes dan RSUD, efektif dalam mendorong tingkat kehadiran ASN. Kepala OPD sudah seharusnya begitu, tidak pilih kasih. Saya pernah tekankan kalau kamu tidak bisa tertibkan stafmu, kamu yang saya, tertibkan” tegas Yuni.

Bupati berharap dengan pemberian penghargaan ini menjadi batu loncatan untuk instansi lain “Penghargaan yang diberikan ini adalah awal yang baik terkait evaluasi ASN yang Pemda telah lakukan. Jangan lihat dia hanya sebagai Kepala Distrik. Saya tantang kepada kepala OPD dan Kepala Distrik lain yang bisa membuktikan kualitas kepemimpinan maka Pemda akan beri kembali penghargaan di depan umum seperti sekarang” harap Yuni.

Bupati menyebutkan bahwa aturan terkait tertib hak dari ASN sudah dilakukan sejak dirinya menjabat Sekda ditahun 2013. Distrik Fawi perlu diketahui merupakan salah satu distrik terluar Puncak Jaya di wilayah lembah mamberamo yang dapat dijangkau hanya dengan Pesawat udara.

Selain itu soal gaji terima di Mulia, Bupati mengungkapkan “Setelah dicek di OPD masing-masing ada nama dinominatif, ada daftar gaji tetapi yang bersangkutan tidak ada ditempat. Adapun untuk gaji kami harap dipahami untuk diterima fisik di Mulia lewat bendahara, bukan lewat transfer. Ini agar gaji yang diterima bisa bernilai manfaat langsung terutama dipergunakan guna belanja di pasar. Sehingga perputaran uang di Puncak Jaya bisa meningkat. Bukan keluar dan berputar di luar sana” Ungkapnya.

Ditemui setelah apel gabungan Kepala Distrik Fawi Iwan Rumbino, S.STP mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada Pemda terutama Bupati Puncak Jaya bersama Sekda serta Kepala BKPPD atas penilaian kinerjanya selama ini.

Kepala Distrik Fawi yang merupakan alumni sekolah Pamong STPDN Jatinangor mengaku bahwa pihaknya hanya menjalankan tugas sesuai aturan. “Kita sebagai Pegawai Negeri Sipil tidak bisa lepas dari aturan yang ada, baik itu di OPD manapun begitupun dengan kewajiban kita sebagai pegawai harus di laksanakan. Biar di distrik jauh dipedalaman atau di kota, aturan berlaku sama” pungkas Iwan.

Kadisfrik Fawi menambahkan sejak 24 Juli 2013 dipercayakan dalam jabatan, telah banyak perubahan dalam OPDnya. “Khusus di instansi kami, kedisiplinan pegawai sangat diperhatikan berkaitan dengan kehadiran dan keaktifan para pegawai serta tertib administrasi. Yang tidak aktif kita setor gajinya dibuktikan dengan STS” beber Iwan.

Piagam penghargaan diserahkan dihadapan ribuan peserta apel disaksikan Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP dan para Asisten berupa satu uni motor Yamaha Jupiter Z.

#HumasPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply