IDUL ADHA DI PUNCAK JAYA, JAMAAH AL MUJAHIDIN MULIA PERINGATI DENGAN SEDERHANA

0

Mulia_Sudah menjadi agenda penting bagi umat Muslim di seluruh dunia untuk memperingati Hari Raya Idul Adha hari inj. Hari raya Idul Qurban mengharuskan bagi mereka yang mampu untuk melaksanakan Ibadah Haji yakni Wukuf di Arafah atau melaksanakan Qurban bagi yang mampu. Kendati demikian wabah pandemi Corona yang melanda dunia, kini menyebabkan perubahan dan pembatasan baik aspek kualitas maupun segi kuantitas ibadah.

Rutinitas tahunan Idul Adha juga dilangsungkan di Kabupaten Puncak Jaya dengan bertempat di Masjid Al Mujahidin Mulia dilaksanakan Sholat Idul Adha, Jumat (31/7). Gema Takbir , tahlil dan tahmid mengumandang sejak pagi, nampak panitia mengatur jamaah dan mempersiapkan sarana ibadah dengan penerapan Protokol Kesehatan. Durasi ibadah juga diperingkas dan dipercepat. Selain itu panitia meminta bagi jemaah yang baru datang dari luar kota diminta untuk tidak bergabung.

Bertindak sebagai Khatib, Uzt. Yusuf Hamzah dalam khutbahnya mengangkat kisah teladan Nabi Ibrahim yang ikhlas mengurbankan putra tercintanya demi melaksanakan perintah Rabbnya. Khatib juga menyampaikan bahwa “Berqurban bukanlah tradisi tanpa arti dan makna, namun haruslah memberikan dampak perubahan spiritual kepada si pequrban. Setiap orang bisa tampil sebagai Ibrahim namun terkadang dalam di kehidupan sehari hari kita terkadang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan bahkan mengorbankan sesuatu yang dicintai dengan jalan yang salah”Jelas Uzt. Yusuf.

Khatib juga menegaskan bahwa belumlah sempurna iman seseorang jika belum dapat mengorbankan sesuatu yang dicintai untuk dipersembahkan kepada Allah SWT. Dirinya mengajak jamaah yang hadir untuk menduplikasi potret keluarga sholeh dalam status dan perannya, baik itu sebagai Ayah dengan meniru sosok Nabi Ibrahim yang tulus, Istri maupun sebagai anak dengan mencontoh teladan Ismail belia yang taat.

Tidak seperti biasanya, dampak pandemi Covid sangat terasa Di Mulia Puncak jaya. Penurunan jumlah hewan kurban dari jemaah juga nampak turun tahun ini. Ketua Panitia Qurban Masjid Al Mujahidin Mulia Tahun 2020 Uzt. Drg. Miftakhul Huda dalam laporannya yang dibacakan melaporkan sapi yang diqurbankan adalah sebanyak 2 (dua) ekor denganmu masing masing 7 KK yang nantinya akan didistribusi pada keluarga yang membutuhkan. Pihaknya meminta panitia yang terlibat dapat mempercepat pelaksanaan mengingat hari Qurban bertepatan dengan pelaksanaan Sholat Jumat. Pelaksanaan ibadah berakhir tepat 10 menit sebelum Pkl. 08.00 WIT, jamaah kembali diiringi rintik hujan yang telah turun sejak pagi.

#humaspj

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply