BUPATI PUNCAK JAYA BUKA MUSRENBANG, MINTA OPD MENGACU PADA RENSTRA DAN RENJA

0

Pers Release No:048/HumasPJ/IV/2021

Mulia- Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Puncak Jaya Tahun Anggaran 2022 di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Kamis (08/4). Kegiatan tetap berlangsung kendati tidak dihadiri oleh Tim Asistensi Bappeda Provinsi Papua.

Turut hadir dalam meja pimpinan, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, Ketua DPRD Zakaria Telenggen, Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley, S.Sos, M.Si, Kapolres Puncak Jaya AKBP. Mikael Suradal, MM, Dandim 1714/PJ Letkol Inf Rofi Irwansyah, Asisten Bidang Pemerintahan Kesra SETDA selaku Plh. Sekda Yahya Wonorengga, S. IP, Para Kepala OPD, Pimpinan Denominasi Gereja dan Mesjid serta Ormas, serta Tokoh adat dan suku dilingkungan Pemda Puncak Jaya.

Dengan tema “Pemantapan Kesejahteraan Masyarakat Yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan” , Plh. Kepala Bappeda Bertnadus Seleng, S.Sos , M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk mendapatkan masukan dan penyempurnaan  rancangan awal RKPD TA. 2022 yang memuat prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi OPD masing – masing.

Dirinya menyebutkan output dari kegiatan itu adalah menghasilkan dokumen perencanaan. “Sasaran pelaksanaan Musrenbang ini adalah tersedianya dokumen rencana kerja pemerintah daerah yang mengakomodasi kepentingan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah baik dari tingkat distrik maupun ditingkat Kabupaten Puncak Jaya, serta tersedianya dokumen tentang arah kebijakan, prioritas pembangunan, dan plafon/pagu anggaran berdasarkan fungsi OPD” paparnya.

Sementara itu, Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dalam sambutannya mengatakan “Musrenbang yang dilaksanakan ini dimaksudkan untuk membahas, mengkoordinasikan dan mensingkronisasikan program dan kegiatan pada tahun anggaran 2022 mendatang. Tujuannya adalah untuk merumuskan program dan kegiatan yang nantinya akan dituangkan dalam RKPD Tahun Anggaran 2022” jelas Bupati.

Adapun dalam rangka mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat, pembangunan tahun 2022 dititikberatkan pada 4 program prioritas daerah yaitu, 1. Melanjutkan perluasan cakupan pelayanan dasar bagi masyarakat yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya, 2. Mempertajam capaian pembangunan dibidang pemerintahan dan reformasi birokrasi demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, 3. Melanjutkan pembangunan berbasis IPTEK dalam semua bidang pembangunan, 4. Melanjutkan pembangunan yang berorientasi pada penanaman modal daerah sebagai basis penerimaan keuangan daerah dalam jangka panjang dan 5. Mewujudkan kemandirian daerah.

Menambahkan hal itu Bupati Dr. Yuni Wonda menegaskan jika ada OPD yang tidak dapat menunjukkan Renstra dan Renja, maka program dan kegiatan yang diusulkan perlu dipertanyakan apa dasarnya menyusun program dan kegiatan tersebut. Namun, Bupati menyebutkan bahwa kegiatan tersebut adalah start awal yang baik dengan segala sesuatunya serba online dan tersistem.

Rencananya Musrenbang akan dihelat selama 2 hari di Kantor Bappeda kendati sebelumnya telah dilakukan pembahasan. Setelah pembukaan, OPD bersama tim hanya melakukan penyempurnaan dan sinkronisasi dalam Sistem E-Planning dan SIPD.

Kendati demikian, disela pembukaan Plh. Kepala Bappeda mengungkapkan sistem yang dibangun oleh Pemerintah Pusat guna, mengakomodir proses perencanaan masih harus dilakukan penyempurnaan.

“Meski bukan masalah besar, masih ada tantangan bagi pemprov maupun Kab/Kota, masih harus menginput dan mensingkronkan pada sistem pada Ditjen Bina Keuda dan Ditjen Bina Bangda Kemdagri, padahal masih satu atap, hal itu cukup merepotkan. Kedepan harus disinergikan dan diintegrasikan agar memudahkan kami didaerah sebagai user” Tutup Bert.

Pihaknya sendiri menjelaskan bahwa rapat pembahasan OPD telah dilakukan sejak Maret kemarin. Dirinya juga mengapresiasi Tim IT adhoc juga telah bekerja keras mendukung pelaksanaan musrenbang.

Pelaksanaan dibuka resmi Bupati ditandai dengan pemukulan Tifa disaksikan oleh peserta yang hadir.

#HumasPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply