BUKA RELAKSASI, PLH. SEKDA MINTA JANGAN DISALAHTAFSIRKAN

0

Nomor Pers Rilis No: 088/PR/Humaspj/VIII/2020

Mulia_Bertempat di Halaman Kantor Bupati Puncak Jaya dilangsungkan Apl Gabungan ASN, Instansi Vertikal, CPNS, Tenaga Honorer dan Ormas dilingkungan Pemda Puncak Jaya, Senin (3/8).Dalam apel tersebut, selaku Pembina Apel, Plh.  Sekda Mulyadi, S. Sos, M. AP, M. KP. menyampaikan amanat Bupati terkait masa relaksasi selama masa karantina terhadap aktivitas keluar masuk orang ke Puncak Jaya melalui ibukota Mulia.

Plh. Sekda memberikan penjelasan terkait hasil Rapat koordinasi lintas sektoral terkait pencegahan penanganan Covid-19 yang mengikut diterbitkannya Surat Edaran Bupati Nomor : 440/483/SET juga memuat relaksasi akses pembatasan penerbangan bagi orang dan barang yang masuk ke wilayah Kabupaten Puncak Jaya dengan durasi 2 kali seminggu.

“Hal yang penting adanya relaksasi penerbangan terbatas khusus orang harus dapat dipahami dengan baik dan jangan disalahtafsirkan. Bapak Bupati juga telah memikirkan hal itu. Sehingga nantinya setiap orang mempunyai hak untuk menjelaskan agar tidak ada penjelasan berbeda. Bukan untuk menomorduakan masyarakat biasa tetapi untuk memprioritaskan mereka yang mendesak terutama pimpinan organisasi atau orang yang dipandang organisasi mendesak untuk segera hadir di Puncak Jaya saat ini. Seperti contoh Wakil Bupati, Plt. Sekda, para pejabat ASN/Kepala OPD, TNI/Polri, Instansi Vertikal, pimpinan agama, kepala kampung dan bendahara dan diusulkan oleh masing – masing pimpinan instansi/organisasi.” jelasnya.

Dirinya menyampaikan bahwa keputusan tersebut bukanlah standar ganda, namun hasil keputusan rapat lintas bukan keputusan Bupati secara Pribadi. Kedepan masih akan dievaluasi dan akan dibahas dalam rapat jika ada perubahan yang signifikan. Semata – mata untuk menjaga zona hijau Puncak Jaya tetap terjaga. “Jangan sampai terjadi seperti di daerah lain, seketika dibuka, penumpang membludak dan terjadi kasus Covid Baru, ditutup lagi” Jelasnya.

Terkait masih banyaknya Calon CPNS yang berhasil lulus formasi 2018 untuk mengurus berkas di Mulia pimpinan telah mengambil keputusan. Mulyadi menyampaikan pesan Bupati bahwa “Bapak Bupati juga telah mempersiapkan mereka yang telah tembus CPNS Formasi 2018 untuk kembali ke Mulia. Adapun mereka yang akan melengkapi berkas untuk segera melapor ke Kepala BKDD agar diatur jadwal dan dikoordinir” ujar Plh. Sekda.

Dari informasi yang dihimpun dari BKDD, batas waktu pengurusan berkas CPNS Formasi 2018 adalah dari tanggal 15 s/d 24 agustus 2020 dan tidak dapat diwakilkan.

Pihaknya menyampaikan bahwa, pemberlakuan surat tersebut adalah dua sampai tiga hari kedepan dan saat ini diperkirakan sekitar hampir 500 orang akan naik ke Mulia. Jumlah tersebut merupakan rekapan dari berbagai instansi yang sedang melengkapi persyaratan dan berkasnya. Plh. Sekda juga meminta pihak penerbangan dan gugus Covid untuk memperhatikan prosedur yang ada. Setelah ada surat rekomendasi Bupati barulah agen penerbangan dapat memberangkatkan.

Selain itu terkait Hasil pemeriksaan keuangan Pemda Puncak Jaya tahun anggaran 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Plh. Sekda yang mengejar gelar dojtoralnya menyampaikan apresiasi  dan komitmen kepada semua pemangku kepentingan. “Bapak Bupati telah menerima hasil LHP oleh Perwakilan BPK RI Provinsi Papua, dari sekian temuan telah ditanggapi oleh Bupati sebanyak 23 tanggapan. Kita berharap kedepan opini kita dapat berubah dari WDP ke WTP, kendati demikian untuk mendapatkan pengakuan itu tidaklah mudah. Pengakuan menjadi lebih baik menuntut konsekuensi pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban yang lebih serius oleh semua stakeholder. Terutama dalam hal tertib pengelolaan keuangan, pengelolaan aset dan penyampaian SPJ harus transparan dan aku tabel.”Jelas Plh. Sekda.

Terkait beberapa pihak yang tidak puas terhadap pengumuman CPNS 2018, Plh. Sekda menyampaikan bahwa” Bupati menyampaikan kepada seluruh OPD, Beliau sangat konsern memikirkan 523 CPNS yang  diumumkan kemarin. ketika ada ketidakpuasan, kita tidak boleh memberikan penafsiran sendiri melainkan ada institusi yang berperan disitu untuk menjelaskan. Terbukti setelah diberi penjelasan, mereka dapat memahami” Tutupnya.

#HumasPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply