BENTUK PANITIA HUT RI KE 76 SEDERHANA, BUPATI MINTA TETAP JAGA PROKES DAN DORONG VAKSINASI

0

Pers Release No: 102/ProkompimPJ/VIII/2021

Mulia- Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya melaksanakan rapat pembentukan panitia peringatan HUT RI ke-76 tahun 2021. Kegiatan berlangsung di Ruang Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Rabu (4/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, Wakil Bupati Deinas Geley, S.Sos, M.Si , Sekda Puncak Jaya Tumiran, S.Sos, M.AP, Kapolres AKBP. Adi Tri Widiyanto S.H. S.I.K, Pasi Ter Kodim 1714/PJ Kapt. Inf. Indra, Perwira TNI/Polri. Hadir pula Ketua TP-PKK Ursula Waminop, S.KM, M.Kes, Ketua DWP Hj. Manikem, S.Sos, M.AP , Pejabat Eselon II dan III dilingkungan Pemda Puncak Jaya. Hadir pula pimpinan Denominasi gereja serta Instansi Vertikal serta ketua Klasis GIDI yang baru Pdt. Telius Wonda, S. Th.

Adapun tema yang diangkat untuk kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021 sesuai dengan yang sudah ditetapkan Bapak Presiden RI, yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Dalam rapat koordinasi tersebut, agenda pembahasan meliputi penyusunan panitia serta penyusunan rangkaian dan teknis pelaksanaan peringatan hari Kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021.

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda memimpin rapat tersebut menuturkan “Berdasarkan surat edaran dari Menteri Sekretaris Negara tanggal 28 Juli 2021, sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19 agar Penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-76 Tahun 2021 di tingkat daerah menyesuaikan dengan kondisi pandemi dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan. Pelaksanaan upacara kali ini tidak seperti sebelum-sebelumnya, termasuk pembentukan kepanitiaan dibatasi dan harus mengikuti edaran” ujarnya.

Dalam arahan umumnya, Bupati ikut mengimbau kepada seluruh ASN dan masyarakat selain agenda HUT RI pihaknya juga mendorong agar sosialisasi vaksinasi, tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M serta membersihkan halaman, dan wajib memasang bendera sebelum tanggal 17 agustus.

Dirinya menyampaikan pelaksanaan perlombaan dalam memeriahkan HUT RI ke 76 ditiadakan akibat pandemi Covid 19. Namun sebagai bentuk penghargaan Bupati akan memberikan reward bagi instansi yang paling banyak berpartisipasi dalam program vaksinasi. Dengan ketentuan penghargaan akan diberikan kepada personil OPD dengan partisipasi persentase vaksinasi terbanyak.

Bupati menegaskan bahwa untuk menghindari pengumpulan massa, maka segala jenis lomba menyongsong HUT RI ditiadakan. Sebagai solusi panitia akan melombakan pembuatan gapura merah putih tiap OPD dan Distrik. Selain itu penilaian kebersihan dan kerapihan kantor juga ikut dalam poin penilaian.

Keterlibatan peserta baik panitia maupun petugas upacara kali ini akan dibatasi, pelaksanaan lomba dan aktivitas lain dalam rangka memeriakan HUT RI seperti biasa juga tidak dilakukan demi mencegah kerumunan dan mematuhi aturan PPKM.

Dirinya juga menyinggung terkait gangguan keamanan di daerah khususnya distrik Mulia, Pagaleme, Wuyuneri, Irimuli dan sekitarnya berpotensi sesuai perkembangan situasi terakhir menjadi tanggung jawab semua pihak untuk dapat meredam dan ikut berpartisipasi menjaga situasi kamtibmas di Mulia dan sekitarnya.

Bupati mengimbau kepada seluruh ASN dan masyarakat untuk wajib melaksanakan pembersihan lingkungan Kantor, Rumah, Pasar/Kios. Bupati juga menyebutkan akan membagikan bendera sebanyak 1.000 lembar dan masker OK sebanyak 5.000 pcs untuk antisipasi peserta dan kegiatan resepsi kenegaraan.

“Kepada seluruh ASN dan masyarakat untuk melaksanakan sosialisasi dan vaksinasi, tetap melaksanakan 5M dan wajib memasang bendera sebelum tanggal 17 agustus” pungkas Bupati.

Senada dengan hal itu Kapolres Puncak Jaya AKBP. Adi Tri Widiyanto meyampaikan “Terkait dengan seluruh rangkaian upacara tentunya kita sudah mempedomani sesuai dengan arahan yang ada, dan dilaksanakan secara sederhana namun penuh hikmat yang artinya tanpa mengurangi esensi nilai-nilai pancasila dari pelaksanaan upacara tersebut, kami seluruh jajaran polres mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan bertujuan untuk mengamankan agar dapat berjalan dengan aman dan lancar” ucap Kapolres.

Menambahkan hal itu Pasi Ter Kodim 1714/PJ berharap agar kegiatan perlombaan HUT RI ke 76 dapat diganti dengan kegiatan sosialisasi maupun vaksinasi melihat situasi covid 19 di Puncak Jaya, “Walaupun lomba-lomba ditiadakan harapannya masyarakat dapat tersentuh melalui penilaian lomba kebersihan yang diadakan, sehingga walaupun dalam situasi pandemi masyarakat masih tetap bisa merayakan HUT RI ke 76”.

#ProkompimPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Puncak Jaya. Instagram : @arfan_febriyan

Leave A Reply