ATURAN BARU TERKAIT PENYUSUNAN APBD, BPKAD ADAKAN PELATIHAN

0

Humas Pers Release No. 080/HumasPJ/VIII/2020

Jayapura – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah mengadakan pelatihan pedoman penyusunan APBD yang mengacu pada PP Nomor 12 Tahun 2019 yang dibawakan langsung oleh Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, bertempat di Meeting Room Mercury Hotel Jayapura (20-21/08).

Hadir dalam pelatihan tersebut Plt. Sekretaris Daerah Tumiran, S.Sos, M.AP, Asisten III Bidang Administrasi Umum Mulyadi, S.Sos, M.AP, M.KP, Para Kepala OPD dan Sekretaris serta Kasubdit Perencanaan Daerah Wilayah IV Ihsan Dirgahayu, S.STP, M.AP, Analis Pembinaan Pelaksanaan Anggaran Daerah Jifvy Magdalena Dina Paomey, S.IP, M.AK dan Analis Perencanaan Daerah Fira Esyadewa, S.IP, MA Kementerian Dalam Negeri.

Sementara itu Plt. Sekretaris Daerah Tumiran, S.Sos, M.AP dalam arahannya mengatakan bahwa pelatihan ini sangatlah penting dikarenakan menyangkut peraturan baru yang sama sekali belum diketahui “Kepada anggota TAPD serta tim yang lain bahwa PP 12 Tahun 2019 ini sangatlah penting dan momen seperti ini jarang terjadi, apalagi ini menyangkut peraturan baru yang kita sama-sama masih buta, kalau kita masih buta dalam aturan, sudah pasti ibarat kita berjalan di ruang yang gelap, untuk itu pada kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk memanfaatkan sebaik-baik mungkin pelatihan yang diberikan oleh narasumber ini dan dapat memberikan pencerahan kepada kita semua terkait apa dan bagaimana penyusunan APBD tahun 2021″ ungkap Plt. Sekda.

Plt. Sekda juga menambahkan dalam penyusunan APBD tahun 2021 Kabupaten Puncak Jaya ada perubahan yang cukup drastis sehingga mau tidak mau suka atau tidak suka harus menyesuaikan dalam peraturan baru tersebut.

Disela-sela kegiatan tersebut Kasubdit Perencanaan Daerah Wilayah IV Kementerian Dalam Negeri Ihsan Dirgahayu, S.STP, M.AP mengatakan bahwa pihaknya datang bukan hanya berbicara tetapi ada hal yang memang berdampak yang memang harus dibuka dan bukan hanya sosialisasi biasa “Dalam pelatihan kami mau menjelaskan betul-betul apa yang harus kita lakukan pada saat penyusunan dokumen perencanaan negara serta fase-fase Penyusunan nya” ungkapnya.

Selain itu Kepala BPKAD Yubelina Enumbi, SE mengatakan bahwa pelatihan ini dimaksud untuk bagaimana Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya harus siap dalam penyusunan APBD yang mengacu pada PP Nomor 12 Tahun 2019 “Pelaksanaan Penyusunan APBD untuk tahun 2021 Kabupaten Puncak Jaya sudah harus mengacu pada PP Nomor 12 Tahun 2019, yang diharapkan dimulai dengan perencanaan sesuai dengan pemetaan yang telah diatur dalam Permendagri 90 dan penganggaran APBD juga harus sesuai dengan Permendagri 90 sehingga laporan yang dibuat sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Undang-undang” ungkap Kepala BPKAD.

Pihaknya juga berharap kedepannya setiap OPD Harus mempersiapkan SDM karena di PP 12 Tahun 2019 dituntut untuk setiap OPD Harus mampu untuk bisa menjalankan sistem dengan mandiri sehingga tidak tergantung lagi dengan sistem pihak ketiga lainnya.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Mulyadi, S.Sos, M.AP, M.KP juga mengatakan pelatihan pedoman penyusunan ini agar dapat segera direalisasikan dan dipertanggungjawabkan “Aturan – aturan yang telah disampaikan harus disampaikan, karena hal-hal yang benar harus dibenarkan sesuai aturan yang berlaku serta diharapkan kedepannya perlu diadakan pelatihan seperti ini lagi” ujar Asisten III.

#humasPJ

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply