19 ODP TELAH DI ISOLASI, BUPATI YUNI WONDA LANJUTKAN SOSIALISASI DAN BAGI SEMBAKO KE 3 DISTRIK

0

*Mulia *- Sebagai lanjutan untuk mengupayakan kesiapan dan ketangguhan Daerah dalam menghadapi pandemi Covid 19, Bupati Puncak Jaya, beserta rombongan Muspida, TNI dan Polri berkunjung ke Distrik Dokome, Yamo, dan Kiage. Pada Sabtu (25/4).

Sebagai wujud nyata yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan bentuk kepedulian di tengah situasi pandemi Covid-19 Pemerintah Daerah berkunjung langsung ke Distrik-distrik untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terkena dampak lockdown akibat Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang telah menyebar keseluruh dunia membuat masyarakat sangat resah dan tentu memunculkan sosial fobia (rasa takut dan rasa tidak nyaman) bagi warga setempat untuk beraktivitas diluar rumah. Masyarakat sangat bergantung kepada mata pencaharian yang mengharuskan kontak dengan person lain.

Untuk itu dalam kesempatan tersebut Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda S.SOS, S.SIP, MM memberikan sosialisasi dan pemahaman serta pendampingan secara langsung kepada masyarakat setempat.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Puncak Jaya menyampaikan “Penutupan jalur udara dan jalur darat itu semua dilakukan untuk mencegah penularan virus corona di Kabupaten Puncak Jaya. Saya berharap masyarakat tidak melakukan perjalanan keluar daerah melihat virus ini juga dapat datang dari orang-orang yang berasal dari luar daerah, sangat penting untuk kita menjaga jarak satu dengan yang lain agar dapat terhindar dari penyakit ini” ungkap Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa kepala Distrik harus berperan penting dalam hal ini untuk memberikan arahan yang tepat kepada masyarakat “Virus corona ini tidak dapat terlihat namun dapat menyebar secara cepat, untuk itu kita harus menjaga jarak dan menghindari segala bentuk perkumpulan. Saya berharap kepada Kepala Distrik untuk memperhatikan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah dengan melakukan aktivitas berkebun dan tidak mengadakan perkumpulan-perkumpulan. Adapun bantuan yang di berikan saat ini tidak berupa beras, melihat masalah yang terjadi saat ini beras merupakan kebutuhan yang sangat sulit untuk kita peroleh” tambah Bupati.

“Perlu masyarakat ketahui bahwa Jalur Udara dan Jalur Darat hanya diperbolehkan untuk membawa barang dan logistik saja tidak untuk penumpang dan hewan ternak, untuk itu saya berharap kepada masyarakat untuk tetap bersabar menunggu keputusan dari Presiden sampai keadaan di nyatakan membaik dan aman dari Virus Corona” tutup Bupati Yuni.

Ketua II DPRD Yoranius Wonda mengatakan bahwa virus ini tak memandang siapa saja “Penyakit Virus Corona ini membuat segala aktivitas tidak berjalan dengan baik, bukan hanya di Daerah Kabupaten Puncak Jaya namun di seluruh Tanah Air. Virus ini tidak melihat jabatan atau apapun semua bisa terkena. Semoga masyarakat tetap tenang dan bersabar menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat sampai keadaan benar-benar dinyatakan Aman dari virus corona ini” ungkapnya.

Masyarakat sangat antusias menyambut Bupati dan Muspida yang mendampinginya ini terlihat bagaimana masyarakat menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati beserta rombongan yang telah hadir dan memberikan bantuan sembako, masyarakat juga  berharap bahwa bantuan dapat terus berlanjut dengan adanya pembangunan di Distrik-distrik.

Ditemui saat wawancara Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.SOS, S.IP, MM. Mengatakan “isu ODP di  Kabupaten Puncak Jaya saat ini telah di tangani oleh Tim Covid-19, adanya beberapa pasien yaitu 19 org yang dinyatakan ODP yang masuk melalui jalur darat telah dirawat diruang isolasi. Kami telah menyiapkan ruang isolasi untuk menampung pasien yang telah dinyatakan ODP, Kami berharap bahwa pasien yang telah di isolasi dapat tenang dan mengikuti anjuran dari tim medis yang menangani”. Ungkap Bupati saat wawancara.

Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda beserta rombongan juga menyempatkan diri untuk singgah kekampung halaman Beliau yang terletak tak jauh dari tempat kegiatan tersebut yaitu di Kampung Yarogoneri, Beliau mengajak para pejabat dan rombongan guna mencuci tangan bersama dengan menggunakan air yang langsung dari sumber mati air gunung. Bupati mengenang masa-masa ketika ia remaja dengan sedikit bercerita kepada para muspida yang mendampingi beliau sesekali menunjukkan tempat-tempat dimana beliau sering bermain dan berkumpul bersama kawan-kawannya dulu. Untuk mengabadikan kunjungannya kali inipun dilakukan sesi foto bersama dengan santai didampingi para pejabat dan muspida. Terlihat jelas tawa bahagia beliau saat mengunjungi kampung halamannya tersebut sejenak melepas penat lelah setelah mengakhiri kunjungan kerja beliau.

 

#HumasPJ

Share.

About Author

Leave A Reply